RAGAM

IKUT MERIAHKAN HUT RI KE 78 PEKON PADANG RAYA ADAKAN LOMBA MEMANJAT POHON PINANG

Pesisir Barat– Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-78 banyak Pekon(Desa-Desa)maupun tingkat Kabupaten di Indonesia yang melaksanakan kegiatan perlombaan bagi masyarakat untuk hiburan memperingati Kemerdekaan pada 78 Tahun silam.
Salah satu Pekon (Desa-Red)Padang Raya Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat.tradisi unik ini dalam Rangka memeriahkan Dirgahayu RI Ke 78, yakni Pemerintah Pekon Padang Raya mengadakan perlombaan diantaranya lomba panjat pohon pinang.
Acara Panjat pohon pinang ini disediakan berbagai hadiah yang nantinya akan dinaiki oleh kalangan remaja dan untuk kalangan bapak-bapak.
Pohon pinang licin yang berhadiah untuk masyarakat Desa Pekon setempat. Kegiatan ini di adakan demi untuk menghibur masyarakat Pekon Padang Raya dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-78,” kata Darlis kepada Wartawan saat diwawancarai Kamis (17/8/2023).
Masih dikatanya, bahwa di dalam kegiatan ini kesempatan masyarakat untuk saling menguatkan silaturahmi antar sesama dalam acara HUT Proklamasi RI.
“Panjat pinang adalah salah satu lomba yang dilakukan dengan cara memanjat pohon pinang, kemudian batang pinang itu diberi Pelicin batang untuk membuat pohon itu licin, supaya nantinya orang yang naik kesusahan, dimana makna panjat pinang ini adalah mereka yang naik tadi harus bisa bekerja sama dan berkorban antara satu dengan yang lain, baik yang di bawah maupun yang diatas,” ungkapnya.
Iapun berharap untuk kedepannya kegiatan ini dapat terlaksana kembali.
“Panjat pinang ini juga mengandung nilai-nilai kerja keras, gotong royong, dan yang paling utama adalah kesabaran untuk bisa naik di ujung pohon pinang tersebut,”Ungkap nya.(Fahmi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *