TOP NEWS

Bupati Lahat Dilaporkan ke Polisi

Jakarta – Bupati Lahat Sumatera Selatan (Sumsel), Cik Ujang, dilaporkan ke Bareskrim Polri berkaitan dengan dugaan ijazah palsu pada Senin, 13 Februari 2023. Pelapornya kali ini adalah Fikri Anidzar Albar. Fikri merupakan Presidium Forum Solidaritas Peduli Pendidikan (FSPP). Fikri mengatakan mereka memiliki bukti-bukti kuat.

“Cik Ujang diduga mendapatkan ijazah dari Universitas Sjakhyakirti Palembang tanpa melakukan proses kuliah,” katanya.

Ia mengatakan bukti-bukti tersebut antara lain pernyataan dan pengakuan bahwa ijazah yang digunakan Cik Ujang diduga palsu karena tanpa mengikuti proses perkuliahan,” tambah Fikri.

Berdasarkan penelusuran Tipikor Investigasi.Com, bukti-bukti tersebut antara lain pernyataan dan pengakuan sejumlah mantan almamater Universitas Sjakhyakirti Palembang yang mengaku tidak pernah melihat Cik Ujang belajar di kampus. Sejumlah mantan mahasiswa di Universitas Sjakhyakirti Palembang mengatakan tidak pernah satu kampus dengan Cik Ujang. Padahal, di ijazah Cik Ujang tertera tahun lulus dari Universitas Sjakhyakirti itu adalah lulusan di tahun yang sama dengan mereka.

“Praktik jual beli ijazah dilakukan pejabat publik merupakan tragedi memilukan dan mencoreng nilai luhur pendidikan. Apalagi mereka menerima bukti kelulusan tanpa mengikuti perkuliahan”.

Fikri meminta bareskrim segera menindaklanjuti laporan dirinya dan kawan-kawan. “Ini demi menyelamatkan pendidikan yang sudah dirusak oleh orang-orang yang ingin punya ijazah dan gelar tapi tidak mau mengikuti proses belajar,” jelasnya.

ADENI ANDRIADI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *