JUSTICIA

PROVOKASI DI MEDSOS, DUA ANGGOTA KOMUNITAS BERMOTOR DIAMANKAN POLISI.

SUKABUMI – Polsek Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengamankan dua terduga pelaku kasus provokasi atau ujaran kebencian melalui media sosial. Selasa (16/8/2022)

Kapolsek Cibadak AKP. Ridwan Ishak mengatakan, keberhasilan Polsek Cibadak mengungkap kasus provokasi atau ujaran kebencian melalui salah satu akun media sosial Facebook, membuat postingan yang meresahkan masyarakat.

“Alhamdulillah Polsek Cibadak dan Reskrim Polres Sukabumi, telah berhasil mengamankan dua pelaku yang telah membuat postingan yang membuat keresahan masyarakat, “Kata Ridwan kepada media.

Diterangkan pula oleh Ridwan bahwa, berawal dari laporan hari selasa tertanggal (16/8/2022), terkait dugaan tindak pidana provokasi atau ujaran kebencian melalui media sosial akun facebook. Pihak Polsek Cibadak bersama Reskrim Polres Sukabumi, merespon cepat dengan upaya penyidikan dan penyelidikan.

Dimana di ungkapkan bahwa, berawal pada hari Sabtu, pada tanggal 13 agustus 2022, sekira jam 20.30 WIB, tepatnya depan kantor pegadaian yang beralamat Jl.Suryakencana, Kelurahan/Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, kedua pelaku bersama teman sesama kelompok komunitas motor yang teridentifikasi berinisial HD dan AZ, membuat video melalui siaran live medsos facebook milik akun AZ yang berisikan provokasi kebencian berdasarkan SARA dengan kata kata kotor serta menantang komunitas motor lainnya.

“Pada awalnya terduga pelaku bersama temanya sekelompok komunitas motor yang teridentifikasi berinisial HD dan AZ membuat video melalui siaran live medsos facebook milik akun AZ yang berisikan provokasi kebencian, “Ungkapnya.

Dijelaskan pula oleh Ridwan, dari hasil penyelidikan mengarah terduga pelaku berinisial HD (30 tahun), berasal dari wilayah Kecamatan Cibadak dan DS (20 Tahun) berasal dari Kecamatan Caringin. Pada hari Selasa (16/8), sekitar pukul 13.00 WIB. Unit reskrim polsek cibadak, bersama Buser Polres Sukabumi, melakukan pencarian dan penangkapan terhadap terduga pelaku HD (30 tahun), di rumahnya, langsung digiring ke Polsek Cibadak, untuk dilakukan pemeriksaan lalu selanjutnya.

“Sekira pukul 13.00 WIB, Unit reskrim Polsek Cibadak, bersama buser Polres Sukabumi, melakukan pencarian dan penangkapan terhadap terduga pelaku HD (30 tahun) di rumahnya ” Jelasnya

Masih kata Ridwan, berdasarkan terduga pelaku yang telah diamankan Unit reskrim Polsek Cibadak, bersama buser Polres Sukabumi, berkordinasi dengan unit reskrim Polsek Caringin, melakukan pencarian dan berhasil kembali mengamankan terduga pelaku penyebaran video yang berisikan provokasi DS (20 tahun) Alias RV di kediamannya.

“Unit reskrim polsek cibadak bersama buser polres sukabumi berkordinasi dengan unit reskrim polsek caringin melakukan pencarian dan berhasil kembali mengamankan terduga pelaku penyebaran video yang berisikan provokasi DS (20 tahun) Alias RV, “Tambahnya.

Atas perbuatan para terduga pelaku dapat di jerat Pasal 28 ayat (2) Jo pasal 45 A ayat (2) UU No. 11 Tahun 2008 yang dirubah dengan undang – undang No. 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau pasal 182 KUHPidana dan atau pasal 55 KUHPidana dengan ancaman hukuman paling lama 6 Tahun. (Iqbal. S. Achmad).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *