PEMERINTAHAN

Kudapan Lokal UMKM Batumandi, Dodol Singkong Jadi Primadona

Ketua TP-PKK Kecamatan Batumandi, Nurul Bahriah yang didampingi Camatnya sendiri Abdul Khair, dalam kegiatan pembukaan Balangan Expo

BALANGAN – Event Balangan Expo tahun 2023 dalam pameran dagang dan pembangunan yang digelar oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Balangan dari 10-15 Mei 2023, di Kawasan Tugu Durian & Maritam, Kecamatan Paringin Selatan, jadi momen untuk kecamatan promosikan produk-produk unggulannya. 

Seperti halnya yang ditampilkan oleh Pemerintah Kecamatan Batumandi, pada kesempatan ini pihaknya lebih dominan terhadap produk-produk UMKM yang ada pada desa mereka. 

Sudah terkenal dengan ciri khas mandai dan sirup batumandi (sirbam) nya, kali ini giliran produk berbahan dari singkong yang pihaknya pasarkan.

“Ini ada produk andalan kami yang terbaru, kalau sirbam, mandai krispy, cangdai, kacang kentaky dan lain-lain kan sudah terkenal dipasaran, nah ini adalah dodol singkong. Ini sangat enak jadi kemarin pada waktu expo terdahulu produk ini yang penjualannya lumayan laris manis,” ujar Ketua TP-PKK Kecamatan Batumandi, Nurul Bahriah yang didampingi Camatnya sendiri Abdul Khair, dalam kegiatan pembukaan Balangan Expo, Rabu (10/5/2023) sore.

Ia menyebutkan, sebelumnya juga ada rengginang dari singkong, tapi karena bahannya yang agak susah dicari jadi pengrajin lebih banyak membikin dodol.

“Untuk rengginang singkong juga agak susah pembikinannya,” ucapnya. 

Bahkan tambahnya, produk terbaru dari mereka ini sudah sampai pemasaran hingga ke luar daerah, yakni di Samarinda, Kalimantan Timur. 

“Untuk pemasaran lumayan sudah banyak ke kabupaten lain, sampai ke Samarinda juga ada karena kebetulan ada saudara jadi mereka disana yang ikut menjualkan,” pungkasnya.(Akhmad Sidik)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *