JUSTICIA

Ribuan Lalat Hitam Serbu Pemukiman di Dusun Marbu ll

RAMBUTAN-RIBUAN lalat hitam menyerbu pemukiman penduduk di Dusun Tanjung Marbu ll, Desa Tanjung Marbu Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel). Serbuan lalat ini menyebabkan warga, utamanya balita dan anak-anak menderita sakit kulit dan gatal-gatal.

Amansah, warga dusun marbu ll mengatakan, serbuan lalat ini ditengarai berasal dari kandang ayam petelur dan pedaging yang berada tak jauh dari pemukiman penduduk. Setiap kali selesai panen, rumah penduduk akan dihinggapi ribuan lalat yang ditengarai dari kandang yang sudah kosong. “Anak-anak kami menderita sakit kulit dan gatal-gatal. Ini disebabkan banyaknya lalat yang hinggap dibadan dan makanan serta minuman di rumah kami,” kata Amansah, Satu (11/6).

Masalah kandang yang berada dekat pemukiman kata Amansah, sebenarnya sudah sering dikeluhkan warga, karena menimbulkan aroma tak sedap dan serbuan lalat setiap kali selesai panen.

“Sehingga kami meminta kepada pemerintah desa yang baru di desa ini dan kepada pemerintah daerah serta instansi terkait, tolong dipastikan apakah semua kandang ayam petelur dan pedaging yang ada di desa ini sudah memenuhi syarat untuk beroperasi atau tidak,” ujarnya.

ADENI ANDRIADI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *