RAGAM

PT Adaro Indonesia Dampingi Pokdarwis Rancah Mampulang Studi Tiru ke Jogja

BALANGAN – PT Adaro Indonesia dampingi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rancah Mampulang Desa Balida Kabupaten Balangan melakukan studi tiru ke Jogjakarta untuk belajar pengelolaan wisata masyarakat.

Kegiatan tersebut diikuti Kepala Desa Balida Sahridin, enam anggota Pokdarwis dan didampingi dari PT Adaro Indonesia Djoko Soesilo selaku Devision CRM Head dan M.Saleh selaku Supervisor CRM dengan mengunjungi dua lokasi wisata yaitu Bendungan Rowo Jombor dan Wisata Pinus Mangunan, Kegiatan dilaksanakan dari tgl 20-23 Juli 2023.

Djoko Soesilo selaku Devision CRM Head PT Adaro Indonesia mengatakan sengaja merancang studi banding ini dalam rangkaian program Studi Tiru, supaya kami dan Pokdarwis Rancah Mampulang beserta jajarannya mendapat pengetahuan lebih.

“Selain itu, Pokdarwis Rancah Mampulang diharapkan mendapatkan ide dan gagasan yang dapat diimplementasikan walau dengan penyesuaian dan modifikasi,” ucapnya.

Kedua lokasi yang dipilih untuk studi banding sudah sesuai dengan kebutuhan pengembangan desa Balida yang diyakini akan mengembangkan wisata di lokasi pasca tambang PT Adaro Indonesia.

Sementara itu, Kepala Desa Balida Sahridin mengungkapkan bahwa studi tiru Bendungan Rowo Jombor dan Wisata Pinus Mangunan memberikan ide yang bermanfaat untuk pengembangan desa.

“Saat kami di Bendungan Rowo Jombor dan Wisata Pinus Mangunan, saya mendapat inspirasi tentang mekanisme pengelolaan wisata secara terpadu, baik pengelolaan kuliner, pengelolaan sampah, pengelolaan parker dan lain sebagainya,” jelas Sahridin.

“Harapan kedepan, pengelolaan wisata di lokasi pasca tambang Adaro yang mampu memberi peluang dan kesempatan bagi warga untuk untuk berjualan atau memperlihatkan produk unggulan warga, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya. (AKHMAD SIDIK)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *