JUSTICIA

Pengendara Marah Lihat Tanah Galian Berceceran di Jalan Raya

JEJAWI-SEJUMLAH pengendara sepeda motor marah melihat jalan raya lintas timur di Dusun lll Jerambah Itam Desa Talang Cempedak Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), yang kondisinya kotor dan licin akibat tanah galian Koi berceceran dari beberapa truk pengangkut tanah.

“Kami merasa sangat terganggu dengan kondisi jalan raya lintas timur yang menjadi kotor oleh tanah galian,” kata Dodi, 35 tahun, salah seorang pengendara sepeda motor matic, Senin, 27 Juni 2022 sore.

Sejumlah pengendara sepeda motor yang melintas di jalan raya lintas timur di desa itu merasa terganggu karena jalan raya menjadi kotor oleh tanah galian.

“Ini yang berserakan tanah galian milik Koi, Pak. Tanah kotori jalan jadi licin,” kata salah seorang warga Dusun lll Jerambah Itam Desa Talang Cempedak Kecamatan Jejawi.

Berdasarkan hasil penelusuran media ini di area perkebunannya karet di Dusun lll Jerambah Itam Desa Talang Cempedak Kecamatan Jejawi, media ini mendapati jalan perkebunan rusak karena dilewati sejumlah truk pengangkut tanah.

Bahkan, jalan raya lintas timur di desa talang cempedak pun mengalami kerusakan dan membuat mobil minibus harus ekstra hati-hati ketika melintasi jalan tersebut. Jalan raya lintas timur di Dusun lll Jerambah Itam Desa Talang Cempedak ini menjadi rusak karena dilalui oleh truk,” paparnya.

Media ini menemukan beberapa truk pengangkut tanah yang sedang terparkir di sekitar lokasi galian tambang di Dusun lll Jerambah Itam Desa Talang Cempedak. Semua truk pengangkut tanah terlihat sedang melakukan pengisian tanah sebelum memasuki jalan raya lintas timur.

“Semua ban mobil truk pengangkut tanah terlihat dalam kondisi kotor saat masuk ke jalan raya. Tanah-tanah berserakan, hujan sedikit pengendara motor bisa jatuh. Belum lagi kalau tanah mengering, itu bisa menyebabkan debu,” ujar Sudirman, 52 tahun, salah seorang warga desa setempat lainnya.

Terkait hal tersebut, media ini mencoba untuk meminta konfirmasi kepada camat Jejawi, Jimmy, ihwal galian tambang di Dusun lll Jerambah Itam Desa Talang Cempedak Kecamatan Jejawi melalui sambungan teleponnya, namun belum mendapatkan jawaban.

ADENI ANDRIADI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.