JUSTICIA

PEMBERHENTIAN APARAT DESA SEPIHAK PERATIN PD CAHYA TERANCAM DISANKSI

Lampung Barat-Pilkades Serentak Tahun 2022 tingkat Kabupaten Lampung Barat Telah Usai Dilaksanakan.Namun Dilantik nya Peratin Terpilih Pekon(Desa-Red)Padang Cahya Muzarni Menimbulkan Persoalan.Pasal nya Muzarni Setelah Terpilih menjadi Pemimpin Pekon Padang Cahya Yang Sudah Dilantik Oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus Mulai Timbul persoalan dikarnakan Peratin Muzarni Telah Menggati Seluruh Aparat Desa Pekon Padang Cahya Secara Sepihak tanpa kompromi dan musyawarah.Tindakan yang Di lakukan Muzarni telah membuat kisruh dilingkungan pemerintahan nya.Seharus nya Pasca Dilantik sebagai Peratin Terpilih Muzarni yang baru dilantik agar tidak memberhentikan perangkat desa secara sepihak. Prinsipnya, sesuai amanat peraturan tidak boleh ada pergantian perangkat desa karena like and dislike.
Apalagi dengan asumsi bahwa si A si B itu tidak mendukung, itu tidak boleh.
Kecuali,ada hal-hal tertentu yang di anggap tidak efektif atau tidak aktifnya seseorang menjadi perangkat desa.
Menyoroti Perihal Pemberhentian Aparat Desa Padang Cahya Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat,Zubadi Selaku Pemerhati Lampung Barat Angkat Bicara.Pemberhentian Aparat Desa itu ada prosedur nya dan tidak asal berhentikan saja.ada tahapan-tahapan yang harus di lalui dan harus di buktikan oleh pemeriksaan dari Inspektorat dan tidak bisa diberhentikan semena-mena.
Kalau berangkat dari hal-hal berkaitan dengan kinerja itu pun harus dilaporkan ke bupati dan tim inspektorat untuk dilakukan pemeriksaan, kalau memang kenyataan kinerjanya buruk bermasalah boleh diganti tapi harus melalui prosedur yang benar,”Terang Badi.
Lanjut nya Kendati demikian jika Peratin memberhentikan secara sepihak tanpa prosedur, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Barat harus memberikan sanksi ringan hingga berat.
bisa diberikan sanksi administrasi, sanksi ringan sampai sanksi yang berat kalau tidak mengikuti prosedur yang benar,”tandas Badi.
Apalagi bupati sudah melantik, artinya seluruh Peratin terpilih agar segara melaksanakan tugas sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku bukan malah mengutamakan Penggantian Aparatur Desa,” ujarnya.
Dia berharap, para Perstin terpilih harus memimpin untuk seluruh warga masyarakat nya masing-masing yang ada di Kabupaten Lampung Barat. namun tidak ada lagi istilah pendukung dan bukan pendukung.
Kalau kemarin ada yang mendukung ada yang tidak itu adalah bagian konstitusional dari sebuah proses demokrasi dalam pilratin dan Itu dilindungi undang-undang, jadi setiap orang boleh menentukan pilihan,” katanya.
Seharus nya Peratin terpilih harus mengayomi, menaungi seluruh warga masyarakat, harus menjadi pemimpin pemerintahan desa, dia juga harus melaksanakan seluruh pembangunan untuk seluruh warga masyarakat, dan dia juga harus melakukan pemberdayaan bagi seluruh warga masyarakat Bukan malah mengganti Seluruh Aparat desa yang sudah ada,” imbau Zubadi.
Tidak ada lagi dukungan masyarakat tertentu,ini semua harus mendukung, dengan seperti itulah pembangunan di desa,Akan Berjalan Dengan Baik.(S.ekandi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *