PEMERINTAHAN

Pembangunan Sumur Intake PDAM Balangan Tahap Dua DIlanjutkan

BALANGAN – Pembangunan sumur intake di Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Balangan dilanjutkan ke tahap dua. Tahap pertama telah dilaksanakan pada 2023 lalu.

Direktur PDAM Balangan Arie Wibowo mengatakan pembangunan sumur intake merupakan program dari pemerintah pusat dan rencananya akan dilakukan sebanyak dua tahap. Tahap pertama pada 2023 telah dilakukan dengan anggaran Rp 2,3 miliar.

Dengan adanya sumber intake nantinya PDAM Balangan lebih mudah untuk menyimpan air baku dari aliran sungai.

Saat ini air baku masih diambil melalui ponton yang memiliki resiko ketika debit air surut ataupun juga meluap.

“Saat ini hampir semua PDAM menyimpan air baku menggunakan sumur intake, lebih aman menjaga air baku, kualitas air baku juga akan lebih terjaga karena air sempat mengendap,” ungkapnya.

Saat ini ketika kualitas air baku terlau keruh bahan kimia untuk pengolahan air akan ditambah. Diharapkan dengan adanya sumur intake nantinya air baku di IPA Gunung Pandau milik PDAM Balangan lebih terjamin secara kualitas dan juga jumlahnya.

Dengan menggunakan sumur intake, Arie Wibowo menambahkan resiko penggunaan ponton juga tidak ada lagi. Saat ini dengan menggunakan ponton masih memiliki resiko terbawa arus air sungai saat debit air tinggi. (Akhmad Sidik)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *