RAGAM

Pedagang CIK PUAN Pekanbaru Menharapkan Bantuan Pemerintah

PEKANBARU – Pasar tradisional Cik Puan di Jalan Tuanku Tambusai, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau yang Terjadi Minggu (19/02/2023) yang lalu yang mengakibatkan 400 lebih kios terbakar tersebut belum mendapatkan bantuan dari pemerintah. Menurut Ketua Persatuan Pedagang Pasar Cik Puan Sultan Sarmuni Sikumbang, hingga kini belum ada bantuan yang diberikan Pemerintah Kota Pekanbaru kepada para pedagang yang mengalami musibah kebakaran tersebut.

Kalau bisa kasihlah kami bantuan, baik itu modal usaha atau apalah namanya agar kami pedagang yang barang dagangannya sudah hancur ini bisa kembali memulai usaha,kami sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah kota untuk bisa memulai usaha kembali” ujarnya.

Sultan Sarmuni Sikumbang berharap semoga pemerintah bisa memberikan bantuan sebelum puasa, karena kasihan sama anak-anak kami. Mereka juga ingin membeli pakaian lebaran dan menikmati suasana lebaran seperti anak-anak lainnya. Kalau kami orang tua ini tak beli apa-apa pun tak masalah, asalkan kebutuhan rumah tangga dan anak terpenuhi semua,” harapnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution berjanji akan memberikan bantuan kepada pedagang korban kebakaran Pasar Cik Puan tersebut. Pihaknya juga memastikan akan ada bantuan bagi pedagang korban kebakaran, berupa tempat penampungan sementara (TPS) Pasar Cik Puan. Meski tak menyebut dalam bentuk apa bantuan tersebut, namun dirinya menyebut bahwa Pemko Pekanbaru sudah menyiapkan TPS di bangunan Pasar Cik Puan yang sudah terbengkalai.

Upaya kami dalam musibah itu sudah membersihkan bangunan yang akan dijadikan TPS itu. Kalau bicara untuk pengganti toko pedagang yang terbakar kami akan bahas lebih lanjut. Apakah kita akan membangunkannya di bawah bangunan pasar yang terbengkalai atau dibangunkan di lokasi bekas terbakar. Kita laporkan dulu ke walikota” ujar Indra Pomi. Menurutnya, rencana bantuan itu kini sedang dikondisikan. Namun saat ini pihaknya masih dalam proses pendataan korban kebakaran.

Melihat kondisi sekarang ini tentu tidak mungkin kita biarkan begitu saja. Kita akan ambil langkah-langah cepat untuk itu. Salah satunya sekarang kita sudah bersihkan puing-puing biar ada jalan menuju pasar yang di belakang. Kita sudah turunkan alat berat ke lokasi kebakaran, dan kita juga sudah meminta kepada para pedagang untuk sementara selama proses pembangunan TPS dimulai agar pindah ke sekitar bangunan Pasar Cik Puan yang lama itu,” tegasnya. (AMRI)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *