JUSTICIA

MANTAN PEGAWAI RAMPOK SPBU JALAN TIPAR, KOTA SUKABUMI

SUKABUMI – terdesak kebutuhan ekonomi, seorang pemuda berinisial YP (23 tahun) diamankan Satreskrim Polres Sukabumi Kota, Jawa Barat, diduga merampok sebuah Stasiun Pengisian Bensin Umum (SPBU) yang berada di Jalan Tipar Gede, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP. Sy Zaenal Abidin, tersangka merupakan mantan pegawai yang pernah bekerja di SPBU tersebut hingga 2017 lalu.

“Tersangka ini memiliki pengalaman kerja di sana. Sehingga sedikitnya mengetahui bagaimana situasi dan kondisi kegiatan operasional termasuk kegiatan di dalam perkantoran, “Kata Zainal Abidin kepada awak media, Kamis (21/4/2022).

Dituturkan Zaenal, modus pelaku melakukan aksinya pada Sabtu 9 April 2022 lalu, sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Tersangka terpaksa lakukan ini lantaran kebutuhan ekonomi.

“Hasil penyidikan, H-1 sebelum kejadian, tersangka merapat ke SPBU tersebut untuk melakukan komunikasi dengan beberapa mantan rekannya sampai kemudian memiliki gambaran dengan alasan ingin print beberapa surat tapi tidak jadi (print surat).Karena merasa mengetahui situasi dan kondisinya dia memasuki SPBU tersebut dengan situasi yang santai, tidak tergesa-gesa, tidak ada kelihatan gaya bahasa tubuh kaku. Kemudian masuk ke kantor SPBU naik ke lantai 2 dan dia mengeluarkan senjata kepada petugas yang jaga, “Tuturnya Zaenal.

Zaenal membeberkan, tersangka lakukan aksinya dengan mengancam petugas SPBU menggunakan senjata tajam,lalu tersangka meminta diarahkan ke tempat penyimpanan uang tanpa mengeluarkan suara hanya melalui aba-aba hingga menyuruh membuka brangkas tempat penyimpanan uang.

“Karena dibawah ancaman maka dia diikuti dan uang kas yang ada di brankas tersebut sejumlah Rp52 juta kemudian diambil oleh pihak tersangka, “Bebernya.

Sebelum tersangka melarikan diri, petugas SPBU dibawa ancaman senjata tajam, disuruh berdiam diri disalah satu ruangan kamar untuk memastikan keadaan lokasi. Setelah dirasa aman, tersangka kemudian mematikan lampu dan meninggalkan kantor SPBU itu lewat pagar belakang.

Dalam kurun waktu hampir 10 hari, polisi berhasil menangkap tersangka tepatnya di Kampung Genteng Kecamatan Baros Kota Sukabumi tepatnya pada Senin 18 April 2022 lalu.

Adapun barang bukti hasil kejahatan tersangka, polisi mengamankan sebilah pisau yang digunakan untuk mengancam petugas SPBU, sepasang sandal jepit, sebuah handphone merk Iphone XR warna merah, handphone Samsung A03, perhiasan emas mulai dari cincin, kalung dan anting seberat 10.2 gram ditambah satu unit kendaraan sepeda motor beat.

“Pasal yang diancam yaitu pasal 365 ayat 1 KUHP tentang pencurian dan kekerasan dengan ancaman 9 tahun penjara. Kasus ini menjadi kasus atensi dari dua tahun belakangan tidak pernah terjadi pencurian dan kekerasan di SPBU, namun alhamdulillah kasus ini dapat terungkap dalam kurun waktu 10 hari dari sejak kejadian tersebut, “Pungkasnya. (Iqbal. S. Achmad)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *