PEMERINTAHAN

Koramil 1001-01/Juai Bantu Warga Terdampak Banjir di Kecamatan Juai

BALANGAN – 5 Desa di Kecamatan Juai yakni Desa Mihu, Desa Mungkur Uyam, Desa Teluk Bayur, Desa Juai dan Desa Lelayau terendam banjir, Senin (13/3/2023).

“Air setinggi kurang lebih 50 centimeter di atas lutut orang dewasa itu berasal dari luapan Sungai Tabalong yang tidak sanggup menampung air yang datang dari arah hulu,” kata Komandan Koramil 01/Juai Kapten Cba Virgo Eviryansyah yang turun langsung bersama anggotanya ke lapangan untuk membantu mengevakuasi warga yang rumahnya terkena luapan air.

Di lokasi banjir, Danramil bersama personel TNI dan anggota TRC BPBD Balangan juga membantu menyeberangkan siswa sekolah di Kecamatan Juai yang terdampak banjir dengan perahu karet karena akses jalan menuju sekolah terhambat.

Selain itu, anggota TNI juga membantu warga memindahkan barang-barang untuk diamankan ke tempat yang tidak terkena banjir.

Di tempat yang sama, warga dan Camat Juai Nanang Edward MSos serta anggota Koramil Juai dan Polsek Juai juga ikut turun membantu warga yang kena dampak Banjir tersebut.

Sementara itu, di tempat terpisah Dandim 1001/HSU BLG Letkol Inf Dhuwi Hendrajaja MIPol mengimbau masyarakat di wilayah Kecamatan Juai untuk tetap waspada selama kondisi cuaca masih ekstrem seperti sekarang ini.

Sebab dengan curah hujan yang tinggi, bencana banjir masih bisa saja terjadi termasuk tanah longsor maupun angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Juai khususnya yang berada di desa untuk selalu waspada dan berhati-hati apabila keluar rumah ataupun di mana saja, mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu dan ekstrem,” kata Dandim seraya menyebutkan wilayah pembinaan teritorial Kodim 1001/HSU BLG termasuk wilayah Kecamatan Juai Kabupaten Balangan.

Dandim Dhuwi Hendrajaja mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan para Babinsa maupun anggota Koramil setempat agar terus memonitor dan memantau situasi di desa binaan masing-masing.

Sehingga setiap perkembangan situasi sekecil apapun cepat terpantau dan bisa memberikan bantuan secara cepat dan tanggap kepada masyarakat jika bencana alam terjadi.

“Semoga dengan kejadian ini kita semakin mawas diri dan tetap waspada terhadap setiap perubahan maupun perkembangan situasi,” katanya.(AKHMAD SIDIK)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *