JUSTICIA

Kisah Horor Arus Mudik, 24 Jam Macet di Jalan Palembang Jambi

Palembang-Antrean kendaraan menuju arah Jambi pada 10 Hari Jelang Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, Sabtu, 23 April 2022, mulai terlihat padat di Jalan Lintas Timur Sumatera Palembang-Jambi, tepatnya, di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel). Kemacetan terjadi satu jalur dari arah Palembang menuju Jambi yang didominasi para pemudik yang pulang dari Palembang Lampung dan Jakarta.

Hendri, 54 tahun, pemudik asal Lampung Tengah mengatakan sudah lebih dari 24 jam berada di jalan. Dia dan keluarga terpaksa pulang lewat jalur darat, sebab tak memiliki cukup uang untuk membeli tiket pesawat. “Saya dan keluarga tadinya mau pulang kampung naik pesawat, tapi tidak punya uang untuk beli tiket pesawat,” kata Hendri di Betung, Minggu, 24 April 2022.

Indra Romi, 48 tahun, pemudik asal Jakarta Barat yang mau pulang ke Jambi mengatakan sejak Jumat (22/4) pagi sudah berangkat dari Jakarta. Dia terjebak macet saat memasuki wilayah Kabupaten Banyuasin sejak Sabtu (23/4) pukul 21:00 WIB. “Capek banget macet berjam-jam seperti ini. Tapi mau bagaimana lagi, yang penting selamat sampai kampung halaman,” ujar Indra Romi.

Nasib sial juga dialami Herdiansyah. Dia Sabtu malam harus menempuh perjalanan Palembang-Jambi selama 24 jam. “Padahal biasanya jarak tempuh dari Palembang ke Jambi hanya butuh waktu sekitar 6 jam,” ujar Herdiansyah.

Karena kepadatan lalu lintas inilah, mulai Sabtu (23/4) pukul 15:00 WIB arus lalu lintas mulai terlihat hanya bergerak satu arah dari arah Jambi menuju Palembang. Soalnya antrean kendaraan sudah memanjang di perbatasan Palembang-Banyuasin hingga ke Kabupaten Musi Banyuasin.

Di jalan lintas timur Palembang Jambi, arus kendaraan pada Sabtu (23/4) sore mulai membludak. Bahkan antrean sudah mengular bahkan sampai tugu perbatasan Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Musi Banyuasin. Volume kendaraan meningkat, sejak Sabtu (23/4) sore sudah terlihat padat,” kata Koordinator Sumatera Selatan LSM Gebrakk Sriwijaya, Nababan, Minggu (24/4).

Dia mengatakan, kepadatan arus lalu lintas merata sehingga belum bisa diprediksi puncak arus mudik lebaran idul fitri 2022 karena masa libur lebaran tahun ini bervariasi.

Ia memprediksi, arus kendaraan pada momen mudik lebaran tahun ini bisa mencapai tiga kali lipat dari tahun sebelumnya.

TIM INVESTIGASI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *