JUSTICIA

Kapal ARK Shiloh Jakarta Tenggelam di Laut Sungsang

Banyuasin – Kapal ARK Shiloh Jakarta yang sedang melakukan kegiatan di laut sungsang bersama 36 anak buah kapal (ABK) tenggelam di Perairan Laut Sungsang, Kecamatan Sungsang, Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (28/12/2022).

Beruntung, 36 kru kapal berhasil diselamatkan anak buah Mayor Mar Sandi Varika SE, Kepala KSOP Kelas ll Palembang, yang langsung melakukan operasi penyelamatan usai menerima laporan menggunakan kapal patroli 327.

Menurut Kepala KSOP Kelas ll Palembang, Mayor Mar Sandi Varika SE, kapal ARK Shiloh Jakarta tersebut tenggelam karena cuaca buruk.

“Gelombang tinggi dan cuaca buruk datang dari arah sebelah kanan kapal. Terjadi kebocoran dibagian kanan kapal pada Rabu (28/12/2022) pukul 03:00 WIB. Badan kapal mengalami kemiringan sebelum akhirnya tenggelam pada pukul 06:00 WIB,” tuturnya, Rabu (28/12/2022).

“Kapal tersebut adalah kapal crane yang biasa digunakan untuk memindahkan batu bara dari tongkang ke kapal pengangkut batu bara.

Kami sempat berupaya mengunakan pompa untuk mengeluarkan air dari dalam lambung kapal. Tapi upaya kami untuk mengatasi kebocoran gagal karena kapal mengalami kemiringan ke sebelah kanan,” ujarnya.

Melihat kondisi kapal sudah tidak memungkinkan, kami langsung melakukan evakuasi terhadap 36 ABK ke pelabuhan Tanjung Api-Api.

Sejauh ini kami masih melakukan penyelidikan apakah peristiwa ini menyebabkan pencemaran lingkungan atau tidak,” jelasnya.

Berdasarkan hasil investigasi media ini dilapangan mengungkap ada 50 ton minyak solar subsidi di dalam banker kapal ARK Shiloh Jakarta.

Peristiwa tenggelamnya kapal ARK Shiloh Jakarta ini diketahui menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan di sekitar perairan laut sungsang.

KSOP Kelas ll Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) telah berkoordinasi dengan pihak agensi kapal untuk segera melakukan kegiatan operasi pencegahan pencemaran lingkungan di sekitar lokasi kejadian.

KSOP Kelas ll Palembang dan navigasi telah melakukan koordinasi untuk melakukan kegiatan penandaan di sekitar lokasi kejadian. Diketahui, dilokasi kejadian merupakan area tempat untuk bongkar muat kapal.

Hingga laporan ini selesai disusun, pihak KSOP Kelas ll Palembang masih belum selesai melakukan penyelidikan dalam kasus kecelakaan kapal ARK Shiloh Jakarta ini.

ADENI ANDRIADI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *