JUSTICIA

Inilah Salah Satu Ruas Jalan Provinsi di Sumsel Yang Minim Penerangan Jalan

OKI – Pengguna jalan dari arah Palembang menuju Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) atau sebaliknya, diminta lebih berhati-hati saat melintasi jalur tersebut terutama pada malam hari.

“Masih sangat sedikit jumlah penerangannya. Dari tahun ke tahun juga memang selalu begitu, tidak pernah ada penambahan lampu jalan,” ujar Joni, 42 tahun, warga Kecamatan Rambutan kepada Tipikor, Selasa 10 Mei 2022.

Berdasarkan pantauan, jalur mudik yang saat ini masih dalam kondisi minim penerangan terdapat di ruas jalan Palembang – Kayuagung tepatnya di daerah Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin – Kecamatan Jejawi – Kecamatan SP Padang – Kecamatan Pampangan – Kecamatan Pangkalan Lampam – Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten OKI.

Joni mengatakan ruas jalan Provinsi di Kabupaten Banyuasin khususnya di sekitar wilayah Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin – Kecamatan Jejawi – Sp Padang – Pampangan – Pangkalan Lampam – Tulung Selapan Kabupaten OKI memang masih terbatas jumlah penerangannya. Meskipun ada, jarak antar penerangan cukup jauh, sehingga tidak cukup dalam ruas jalan.

Joni menuturkan, dalam satu setengah bulan kedepan ruas jalan tersebut akan kembali digunakan untuk akses mudik. Seharusnya persoalan penerangan jalan itu bisa mendapat perhatian. Sebab, akan banyak pengendara yang akan melintas di jalan itu pada malam hari, karena menghindari macet dan panas pada siang hari.

“Suka ramai kalau menjelang lebaran, inikan jalan biasanya juga dipakai oleh pengendara dari luar Kota, khususnya motor,” ungkapnya.

Yuda, 44 tahun, warga Kabupaten OKI Sumatera Selatan juga menggunggkap kondisi jalan Kabupaten di dua wilayah Kecamatan, yakni, di Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten OKI dan Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. Sudah lama kondisi jalan itu rusak dan sangat minim penerangan jalan umum.

“Dipastikan pada malam hari jalan tersebut sangatlah gelap, sementara pengguna jalan hanya dibantu oleh penerangan dari lampu kendaraan,” katanya.

Yuda mengatakan, untuk melintasi jalan di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin hingga ke Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten OKI, pengguna jalan diminta untuk berhati-hati karena jalan itu dalam kondisi rusak parah dan rawan terjadi tindak kejahatan, terutama di daerah secondong.

“Ruas jalan Provinsi Palembang – Kayuagung hingga kini minim penerangan dan sangat rawan kecelakaan lalu lintas, baik malam maupun pada saat siang hari,” jelasnya.

Sebelumnya, pada momen hari raya idul fitri 1443 hijiriah lalu, Koordinator Sumatera Selatan (Sumsel) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Barisan Komitmen Konstitusi Sriwijaya (Gebrakk Sriwijaya), Nababan SH, menghimbau para pemudik sepeda motor dan mobil yang melintasi jalan tersebut agar lebih berhati-hati.

Hingga laporan ini disusun oleh wartawan, Kepala Dinas (Kadin) Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Drs. H. Arinarsa JS. NIP : 197106031991011002. Belum berhasil dikonfirmasi oleh media ini.

ADENI ANDRIADI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *