PENDIDIKAN

IGTKI Balangan Gelar Diklat Strategi Pembelajaran Kurikulum Merdeka

BALANGAN – Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Balangan menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) pendalaman kurikulum merdeka dan strategi pembelajaran PAUD. Dalam kegiatan tersebut IGTKI bekerjasama dengan Edwise Yogyakarta

Diklat yang dilaksanakan di Gedung Mayang Maurai, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Selasa (9/5/2023) tersebut diikuti sekitar 190 guru PAUD di Balangan. Dimana IGTKI Balangan menghadirkan narasumber pendongeng nasional dari Yogyakarta yaitu Kaka Bimo.

Kaka Bimo menyebutkan, dalam strategi pembelajaran PAUD di kurikulum merdeka, guru PAUD dituntut memahami cara pendidikan pada anak usia dini dan dibarengi dengan hiburan-hiburan dan cerita dongeng yang bisa menghibur anak-anak sekolah usia dini.

Diklat ini bagaimana membangun karakter, kemandirian, bermain sambil belajar, dan mampu membangun pola pikir pada anak, dalam kurikulum merdeka,” ucapnya.

Menurut Bimo, kurikulum merdeka harus menumbuhkan kebahagiaan dalam strategi pembelajaran di sekolah.

Dia berharap, melalui Diklat tersebut para guru PAUD bisa menerapkan kurikulum merdeka dan mengembangkan kepada anak didiknya. “Diharapkan pengembangan kurikulum merdeka dapat menerapkan 5P, Project, Penguatan, Profil Pelajar dan Pancasila,” tutupnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua IGTKI Balangan, Nazarina menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan bulanan yang dilakukan selama 10 kali pertemuan dalam rangka meningkatkan karakter kemandirian anak dari segi bermain sambil belajar dan mampu membangun pola pikir pada anak dalam kurikulum merdeka.

Dikatakannya, kegiatan kali ini terkait adanya Diklat bulanan tentang pendalaman kurikulum dan strategi pembelajaran PAUD merdeka yakni tentang teknis bercerita untuk penguatan karakter dan literasi PAUD. (Akhmad Sidik)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *