JUSTICIA

Hati Hati Belanja Online, Banyak modus Penipuan, ini Penjelasan Kanit Reskrim Banjarharjo

Brebes-Era Digitalisasi membawa banyak orang mencari Kemudahan dalam banyak hal,salah satunya kemudahan dalam Berbelanja,tinggal klik barang sampai tanpa harus datang ke Marketnya.Tapi Sayang sikon ini menjadi buah pikir bagi oknum oknum kejahatan yang kerap mencari kesempatan dan memperdayai orang yang belum pandai dalam bermedsos.Salah satunya sebut saja (S)24thn.Warga Kecamatan Banjarharjo yang harus mengalami Kerugian 6 juta rupiah karena tertarik dengan harga Smartphone 900 ribu yang sudah di impikanya.

Modus Operandi menurut Korban, melalui jejaring Medsos lalu minta No.WA lalu menawarkan produk dengan Promo yang menggiurkan atau berpura pura Kenal akrab dengan teman Korban.Alhasil dengan mudahnya minta Foto KTP dengan Dalih untuk pengiriman sesuai Alamat yang ada di KTP.Sayangnya Barang tak kunjung sampai uang Habis karena transfer berkali kali berharap Smartphone nya segera di kirim.

Sampai akhirnya (S) melaporkan kejadian ini ke Pihak yang Berwajib di Mapolsek Banjarharjo Kabupaten Brebes, Jum’at 03/06/2022.”Yah saya tidak Tahu Kalau ini Penipuan,soalnya pelaku mengaku teman saya,jadi saya percaya”ujar (S)menyesal.

Sementara itu Aipda Didik Haryanto SH.selaku Kanit Reskrim Polsek Banjarharjo memberikan keterangan”Betul tadi ada laporan terkait Tindak Kejahatan Siber”jelas Pak Kanit Tegas.

Lebih Lanjut Kanit Reskrim ini membeberkan langkah langkah untuk menghindari kejahatan kejahatan serupa dengan”Lebih Berhati hati dalam bertransaksi Via Online,pilih Marketplace yang resmi, Kirim rekening PT.bukan person atau langsung datang ke Toko langsung kalau mudah di Jangkau”sambungnya.

“Semoga ini menjadi Pelajaran kita Bersama dalam mengahadapi era digitalisasi dan kami Himbau kepada seluruh Masyarakat terkhusus wilayah Banjaharjo agar tetap waspada dalam bertransaksi dan jangan mudah percaya pada orang yang belum kita Kenal”Pungkas Pak Didik sapaan Akrab Kanit Reskrim Polsek Banjarharjo ini ramah.

(Tholib)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.