PEMERINTAHAN

H Abdul Hadi : “Sekreatif Mungkin Panggilan Sahur”

PARINGIN – Kegiatan Festival Bagarakan Sahur atau membangunkan warga untuk bersahur berhasil memeriahkan suasana bulan suci Ramadan di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan yang diikuti belasan kelompok dalam perlombaan tersebut.

“Luar biasa lomba Bagarakan Sahur pada malam ini sangat seru, banyak sekali warga masyarakat dari berbagai kecamatan datang langsung untuk menyaksikannya,” kata salah satu juri Festival Bagarakan Sahur, Husin Nafarin di Paringin, Selasa (11/4/2023).

Husin menuturkan untuk keseluruhan peserta yang tampil sebanyak 19 peserta, dimana semuanya telah menampilkan kreatifitas mereka masing-masing dengan memainkan alat musik tradisional dalam membangunkan warga untuk bersahur.

Husin menyebut para peserta semuanya sangat kreatif, baik itu dari segi penampilan maupun permainan alat musik yang dimainkan akan tetapi untuk jadi juara tentu yang lebih bagus akan menjadi juaranya.

“Untuk segi penilaian kami menilai dari kekompakan peserta, kreatifitas penampilan dan keserasian mereka dalam memainkan alat musiknya masing-masing,” sebut Husin.

Sementara Bupati Balangan Abdul Hadi mengatakan dengan banyaknya tradisi dalam mengisi bulan Ramadhan, itu artinya bulan Ramadhan ini bukan semata-mata perkara religi saja tetapi juga memiliki banyak sisi lainnya terutama sisi festival ini.

Abdul berpesan kepada para peserta yang juga kreator seni “Bagarakan Sahur” ini jangan terlalu berharap masyarakat mau menerima panggilan sahur yang dilantangkan, tetapi berusahalah sekreatif mungkin untuk membuat panggilan sahur yang dapat diterima oleh masyarakat.

Diketahui pada lomba tersebut dimenangkan oleh kelompok Tapih Bahalay dari Kecamatan Halong, juara dua kelompok Pemuda Budaya dari Kecamatan Awayan dan juara tiga kelompok Demam Panggung dari Kecamatan Paringin Selatan.(MC)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *