JUSTICIA

Gelar Apel Operasi Ketupat Candi 2022, Kapolres Brebes Pimpin bersama Forkopimda di Mapolres

Brebes-Dalam menyambut Mudik Lebaran tahun 2022 Polres Brebes Polda Jateng terjunkan ratusan personil, Gelar Operasi Ketupat Candi 2022 di halaman Mapolres Brebes, Apel dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Brebes dan instansi lainnya. Serta para Kapolsek jajaran Polres Brebes Hari Jum’at (22/04/2022) Pukul 15.30 Wib.

Dalam Operasi tingkat Polda Jateng kali ini mengusung tema, “Dengan Operasi Ketupat Candi 2022, kita tingkatkan sinergitas Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan sehat pada perayaan Idul Fitri 1443 H di wilayah hukum Polda Jateng”. Dalam amanatnya, Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto membacakan sambutan tertulis Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Dalam sambutan yang dibacakan beberapa penekanan penting disampaikan terkait pelaksanaan Operasi Ketupat Tahun 2022.

Terkait perayaan Idul Fitri, pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443/tahun 2022 pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan tanggal 4 sampa 6 Mei 2022.

“Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat. Untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik,” ujarnya.

Kapolres melanjutkan, kebijakan pemerintah untuk tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik telah ditanggapi dengan eforia. Hal ini terbukti berdasarkan hasil survey Badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas/perjalanan selama lebaran.

Pergerakan masyarakat ini terutama terkonsentrasi di wilayah pulau Jawa dan Bali. Moda transportasi lebaran didominasi oleh jalur darat dengan menggunakan kendaraan pribadi 47%, kendaraan umum 31%. Sementara jalur udara 10%, kereta api 10%, jalur laut 2%, dan lainnya 0,11%.

“Walaupun situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali, di mana tingkat penularan berada di bawah angka 1, dengan positivity rate dan BOR Rumah Sakit berada di bawah standar WHO. Namun perlu tetap saya tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai, kita semua harus selalu waspada,” tegasnya.

Dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi Covid-19 menjelang, pada saat dan pasca perayaan Idul Fitri 1443 h/tahun 2022. Sehingga diperlukan langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakeholder terkait agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian Idulfitri 1443 H/Tahun 2022.

“Kita harus menyiapkan masyarakat agar aman dari penularan Covid-19 dengan terus menggelar kegiatan vaksinasi untuk mengejar target pada 30/04/2022 khususnya wilayah Jawa dan Bali mencapai 100% untuk dosis 2, booster 30% dan lansia 70%, disertai dengan berbagai upaya pencegahan untuk menyelamatkan bangsa Indonesia dari bahaya pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Selain itu disinggung pula tentang KRYD yang perlu dilaksanakan mengingat masih terindikasi adanya penyakit masyarakat. Seperti judi, miras dan tindak kriminal serta peredaran narkoba.

Kapolres menambahkan pihaknya telah melakukan antisipasi daerah rawan kemacetan akibat persimpangan maupun pasar tumpah yang ada di wilayah Brebes. “Beberapa jalur favorit arus mudik dan arus balik di brebes diantaranya melalui Tol, Jalur Pantura, Jalur tengah dan Jalur selatan akan digelar personil untuk melakukan pengamanan,” ujar Kapolres.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Polda Jateng apabila di jalur Pejagan Prupuk mengalami kemacetan dengan mengalihkan lewat exit tol Tegal dan pemalang bagi masyarakat yang akan menuju purwokerto,” Pungkasnya Kapolres Brebes
(Tholib)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *