JUSTICIA

Galian C Ilegal Bebas Beroperasi, Pengendara Minta Ketegasan Pemerintah

OKI-Galian C (Penambangan Tanah) Ilegal di Tepi Jalan di Desa Talang Cempedak Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel) bebas beroperasi. Warga dan pengguna jalan keberatan dan resah memprotes dengan cara membuat laporan ke media ini, Jumat (20/1/2023).

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu-lintas dan kerusakan lingkungan, warga dan para pengendara motor dan mobil meminta Polisi Pamong Praja Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) untuk menertibkan galian c tersebut.

“Jangan sampai menunggu semua badan jalan hancur dan ada korban jiwa baru pelakunya mau dihukum,” kata Eli (43), salah seorang pengendara mobil, Jumat (20/1/2023).

Menurut dia, untuk menertibkan Galian C, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir perlu membentuk tim terpadu. Satpol PP dan polisi lalu lintas tidak berhak atas menghentikan dumptruk yang lewat di jalan provinsi.

Seorang pengendara motor, Robi (45), warga Kecamatan Jejawi, menyatakan keberatan terhadap beroperasinya penambangan tanah ilegal dan truck pengangkut tanah melintas di jalan alternatif Palembang-Kayuagung-Lampung.

“Usaha itu (Galian C) tidak memiliki izin sebagai regulasi untuk menjalankan usaha. Kami minta Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir dan aparat hukum terkait menutup usaha tersebut,” kata Robi menjawab Tipikor Investigasi.Com.

Robi melanjutkan, selain tidak memiliki izin, truck pengangkut tanah usaha ilegal itu merusak jalan (Berlubang) dan mengancam kesehatan warga dan keselamatan pengendara.

Lain lagi dampak tanah yang tercecer di jalan, jika cuaca panas, tanah menimbulkan debu. Sebaliknya, apabila hujan jalan menjadi becek dan licin.

“Kesehatan warga terancam karena debu tanah. Begitu juga jalan berlubang dan hancur sangat meresahkan pengguna jalan. Untuk menghindari terjadi hal-hal tidak diinginkan, kami minta usaha Galian C ilegal itu ditutup saja,” kata Robi mewakili para pengguna jalan.

ADENI ANDRIADI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *