PEMERINTAHAN

Fraksi-Fraksi Dewan Balangan Sampaikan Pandangan Umum Raperda APBD TA 2024

BALANGAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan menggelar rapat paripurna dengan agenda Pandangan Fraksi-Fraksi DPRD Balangan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Balangan tahun anggaran 2024.

Rapat digelar pada Senin (11/9) di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Balangan dengan diikuti oleh 17 anggota DPRD Kabupaten Balangan dan rapat dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Balangan, Ahsani Fauzan serta dihadiri langsung Bupati Balangan, H. Abdul Hadi.

Nikmah S.Sos sebagai perwakilan fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Balangan menyampaikan terima kasih kepada pimpinan rapat yang memberikan kesempatan kepada mereka untuk menyampaikan pandangan umum mereka.

Diungkapkannya, fungsi APBD secara teoritis memiliki beberapa aspek, diantaranya sebagai perencanaan yang menjadi pedoman bagi manajemen dalam perencanaan kegiatan sebagai pengawasan bahwa anggaran daerah memiliki pedoman untuk menilai.

“Apakah kegiatan penyelenggaraan pemerintah daerah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebagai alokasi yang diharapkan menciptakan lapangan kerja atau mengurangi pengangguran dan pemborosan sumber daya,” ujarnya.

Ia menyebut fungsi dari APBD Kabupaten Balangan sebagai alokasi yang dapat memberikan keadilan dan kepatutan masih belum maksimal, seperti kurangnya kegiatan dalam rangka peningkatan Pendapatn Anggaran Daerah (PAD) yang diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan masih belum terlaksana.

Lebih lanjut memaparkan kemudian basis kerja pada bidang industri penambangan masih belum diperhatikan oleh Pemerintah Daerah, sehingga posisi-posisi dari pekerjaan tersebut diiisi oleh orang yang bukan warga Balangan.jelasnya

Fransi – Fraksi juga menyoroti masalah peningkatan kualitas produk pasar masih belum maksimal terlaksana, yang menyebabkan keperluan masyarakat belum tersedia sepenuhnya di Kabupaten Balangan.

Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Balangan mengharapkan penyusunan APBD untuk ke depannya bisa lebih optimal.”Diharapkan penyusunan anggaran belanja untuk penganggaran ke depan bisa lebih optimal, sehingga apa yang jadi program prioritas bisa benar-benar terlaksana sebagaimana yang diharapkan,”pungkasnya.( Kur)

Menurutnya, dengan adanya perencanaan yang matang, maka lebih cepat terealisasinya program-program Pemerintah Daerah agar sifatnya dapat terlaksana dan dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Balangan. (Akhmad sidik)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *