RAGAM

Di Banyuasin, Harga Cabai Hingga Rp 100 Ribu Per Kilogram

Rambutan-Jelang Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1343 Hijiriah harga cabai di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) masih tinggi berkisar Rp 100.000 sampai 110.000,- perkilogram.

Koordinator Sumatera Selatan (Sumsel) lembaga swadaya masyarakat gerakkan barisan komitmen konstitusi sriwijaya (Gebrakk Sriwijaya) Nababan bersama media ini, memantau harga cabai di pasar tradisional di Kecamatan Rambutan.

“Secara keseluruhan harga komoditas cabai di Kabupaten Banyuasin terpantau tidak normal. H-1 lebaran idul Fitri 1443 hijiriah harga cabai di Kabupaten Banyuasin sudah mencapai Rp 100 ribu hingga Rp 110 ribu per kilogram,” kata Nababan, Minggu (1/5).

Nababan mengatakan kenaikan harga cabai jelang idul Fitri tahun ini bukan tanpa sebab. Ia menduga adanya permainan monopoli yang dilakukan oleh distributor. Cuaca bagus, jadi ini murni adanya monopoli. Kami tidak melihat adanya upaya dari pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk melakukan operasi pasar di daerah ini,” jelasnya.

Ia menduga adanya upaya pembiaran dilakukan oleh dinas perdagangan daerah. “Saya kan sudah bilang, ini akibatnya kalau stok banyak tapi tidak ditampung. Kalau harga cabai sudah sepuluh kali lipat dari harga beras seperti ini, masyarakat pasti susah,” ujarnya.

TIM INVESTIGASI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.