PENDIDIKAN

DANA BOS SDN DAN SMPN LAMBAR DIMASA PANDEMI TERINDIKASI KORUPSI DISDIK DIDUGA TERLIBAT

Lampung Barat-Dana Bantuan Operasional Sekolah(BOS) yang digulirkan pemerintah pada tahun 2020-2021 SDN-SMPN,rawan dikorupsi oleh Oknum kepala Sekolah.
Oknum Kepala SDN dan SMPN tersebut diduga berani memainkan anggaran BOS pada beberapa item kegiatan yang semestinya untuk kepentingan siswa. Namun, diduga kuat selama masa pandemi covid-19 dan siswa mengikuti proses belajar mengajar secara daring, menjadi kesempatan bagi Oknum Kepala Sekolah menyimpangkan anggaran untuk kepentingan pribadi.
Pasalnya, dari sejumlah komponen belanja dana BOS yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan di Sekolah-Sekolah tersebut.Sehingga ditemukan adanya dugaan Mark-Up (memperbanyak/ memperbesar) yang dilakukan pihak sekolah.
Dikatakan sumber Tipikor yang nama nya Tidak mau di publikasikan dalam pengelolaan dana BOS,para Oknum Kepala sekolah di Lambar menduga setiap pengeluaran dana terkesan tidak trasparan.Diduga tidak mengacu pada petunjuk pelaksana dan petunjuk tehnis (Juklak dan Juknis), sehingga anggaran tersebut dengan mudah diambil untuk memperkaya diri (korupsi).
Selama masa Pandemi Covid-19 para Kepsek mengelola dana BOS tidak terbuka (transparan) dengan pihak komite maupun dengan para dewan guru disekolah yang dipikirkannya hanya bagaimana supaya mendapatkan uang sebanyak-banyaknya dari Dana BOS itu, itukan korupsi namanya,” ujar Narasumber yang Namanya enggan disebut kepada Tipikor.
lebih jauh sumber mengatakan, penggunaan dana BOS dalam tiap tahap yang mencapai ratusan juta diduga kuat terjadi manipulasi data sehingga dengan leluasa Oknum Kepala SDNdan SMPN tersebut meraup keuntungan pribadi.
Banyak di temukan Sekolah-Sekolah yang tidak terawat, sementara terhitung mulai dari tahap 1, 2 dan 3 tahun 2020 sampai tahap 1,2 dan 3 tahun ini (2021), penggunaan dana BOS mencapai Ratusan juta diduga kuat terindikasi mark-up dan menyimpang dari Juknis,” beber sumber.
Menanggapi informasi diatas, wartawan Tipikor mengendus Ada Aroma Setoran dari pihak sekolah yang mengalir ke Dinas Pendidikan Lampung Barat.
Bagaimana tanggapan Disdik Lambar terkait dugaan penyimpangan dana BOS dimasa Pandemi Covid19 dan dugaan Ada Aliran dana setoran dana BOS tersebut???.(S.Ekandi)BERSAMBUNG!!! Simak Berita Selanjut nya Hasil Komfirmasi Exlusif dinas pendidikan Lampung barat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *