JUSTICIA

Arpani Diduga Ditembak Menggunakan Senjata Api Rakitan

OI-Arpani, 50 tahun, Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) Betung ll, Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir (OI), tewas pada Rabu 20 Juli 2022 dalam penembakan dan pembacokan saat sedang membuka pintu rumahnya di desa betung ll.

Polisi tengah melakukan pengejaran terhadap pelaku yang kabur ke kebun karet milik warga usai melakukan pembunuhan. Arpani diduga ditembak pelaku dengan menggunakan senjata api rakitan.

Pelaku ditengarai mengenal korban dan diduga merupakan warga setempat. Beberapa orang warga setempat menduga pelaku tidak senang dengan Arpani maju dalam Pilkades 2022.

Pembunuhnya mengenakan topeng, dia berdiri didepan pintu rumah Arpani,” kata salah seorang saksi mata dilokasi kejadian, Kamis 21 Juli 2022.

Penyerangan muncul di depan pintu rumah dan dengan sabar menunggu korban membuka pintu rumah, sebelum melancarkan penyerangan.

Senjata pembunuh Arpani bukan senjata api biasa digunakan aparat. Kekerasan senjata api jarang terjadi di Kabupaten Ogan Ilir (OI) karena pelarangan penggunaan senjata api rakitan cukup ketat dilakukan oleh aparat di daerah itu.

Senjata api rakitan sering digunakan oleh kelompok kriminal. Meski kekerasan politik jarang terjadi seperti pembunuhan Arpani, tetapi intimidasi dan provokasi terhadap calon kepala desa kerap berlangsung di sana. Beberapa orang calon kepala desa di Kabupaten Ogan Ilir (OI) mengaku pernah mendapatkan perlakuan intimidasi dan provokasi, meski berhasil terpilih.

ADENI ANDRIADI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.