RAGAM

Angin Puting Beliung

Lubuk Linggau-Sebanyak tujuh rumah warga di RT 5, RT 6, dan RT 3, Kelurahan Air Tenam Kecamatan Lubuk Linggau Selatan l, Kota Lubuk Linggau, didera angin puting beliung, Jumat (27/5). Sebanyak tujuh rumah dilaporkan rusak parah, sebuah sekolah dan pondok pesantren dilaporkan rusak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, awalnya angin puting beliung menerpa rumah warga di RT 5, RT 6, dan RT 3, kemudian bergerak ke SDN 65, SDN 64, lalu bergerak menuju ke sebuah pondok pesantren Kelurahan Air Tenam Kecamatan Lubuk Linggau Selatan l. Kondisi tersebut diperparah oleh hujan deras yang terus turun. Hujan bahkan berlangsung hingga ke setiap sudut Kota Lubuk Linggau.

Seorang warga Kelurahan Air Tenam, Rusli, 50 tahun, mengatakan angin kencang tiba-tiba bertiup di atas rumah warga. Akibatnya, sebagian warga setempat sempat panik dan ketakutan. “Akibat terpaan angin, atap sejumlah rumah warga berterbangan,” kata Rusli, kemarin.

Rusli mengatakan, saat angin puting beliung menerjang, dia dan anak istrinya sedang berada di dalam rumah. Adapun beberapa atap rumah warga lainnya lepas karena diterjang angin. “Bagasi mobil tetangga saya rusak karena diterjang angin,” katanya.

Seorang warga RT 3 Kelurahan Air Tenam, Ngadiman, mengaku tak habis pikir saat melihat atap rumahnya lepas diterjang angin. “Rumah saya rusak sesaat setelah hujan turun tiba-tiba angin bertiup kencang,” tuturnya.

Menurut Ngadiman, hingga saat ini belum ada bantuan yang diberikan Pemerintah Kota Lubuk Linggau kepada warga korban bencana angin puting beliung. “Belum ada bantuan yang disalurkan oleh Pemerintah Kota Lubuk Linggau,” ujarnya.

Selamet warga setempat lainnya mengatakan, bantuan yang sangat diperlukan oleh para korban angin puting beliung antara lain kayu, papan, seng, dan genteng untuk memperbaiki bangunan yang rusak.

Walikota Lubuk Linggau, H, SN Prana Putra Sohe, belum bisa dimintai konfirmasi ihwal bencana di wilayahnya. Saat media ini menghubungi telepon selulernya, kemarin, dia tidak menjawab.

ADENI ANDRIADI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.