PEMERINTAHAN

Anggota DPRD Balangan Sri Huriyati Abdul Hadi Hadiri Pembukaan Bumdes Expo 2023

BALANGAN – Anggota DPRD Balangan, Sri Huriyati Abdul Hadi menghadiri pembukaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) EXPO 2023 yang digelar di lapangan Murjani Banjarbaru pada hari jum’at (13 /10/2023).

Acara ini merupakan platfrom penting untuk mempromosikan dan memajukan inisiatif BUMDes dalam mendukung  ekonomi seluruh desa yang ada di Kabupaten Balangan yang berjuluk Bumi Sanggam.

Saat di konfirmasi awak media , Bunda sri menyampaekan, “kebanggaan atas kontribusi yang di beriakan oleh BUMDes Dalam Memajukan perikonomian masyarakat di desa dan menciptakan peluang bagi  warga desa. Expo ini tentunya menjadi ajang tuk memperkenalkan produk – produk unggulan yang di hasilkan oleh BUMDes yang ada di Banua Sanggam Serta untuk menjalin  kerja sama antara BUMDes dan pemangku kepentingan lain nya,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, bunda Sri juga mengajak seluruh warga Kabupaten Balangan untuk mendukung produk produk BUMDes untuk keperluan sehari hari agar perputaran ekonomi desa semakin meningkat.

BUMDes memiliki peran penting di masyarakat dalam mengurangi kemiskinan, menciptakan lapangan kerja dan bisa meningkat kan kualitas hidup masyarakat Desa. “Melalui dukungan dari semua pihak terkait BUMDes di Balangan tentu akan semakin kuat dalam mewujudkan visi yaitu pemberdayaan ekonomi Desa yang inklusif dan berkelanjutan,” ujar bunda Sri.

Peran BUMDes terkait aspek pelayanan yang berimplikasi terhadap kemandirian ekonomi desa. Ia menambahkan, peran BUMDes terkait aspek akuntabilitas berimplikasi terhadap meningkatnya Pendapatan Asli Desa (PADes), terkait aspek peningkatan taraf hidup berimplikasi terhadap pertumbuhan dan pemerataan ekonomi pedesaan.

Selain itu, peran BUMDes terkait aspek ketaatan peraturan perundang-undangan berimplikasi dalam kemampuan dalam pengelolaan potensi desa. Bunda Sri menjelaskan, BUMDes adalah lembaga usaha desa yang pengelolaannya oleh masyarakat dan pemerintah desa (Pemdes) dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan pembentukan berdasarkan kebutuhan serta potensi desa.

BUMDes itu sendiri, menurut dia, merupakan usaha desa yang pengelolaannya oleh Pemdes, dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai  kebutuhan dan potensi desa. Pembentukan Badan Usaha Milik Desa penetapan dengan Peraturan Desa.

“Jadi, Bumdes adalah lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa,” kata Bunda Sri. (Akhmad Sidik)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *