PEMERINTAHAN

RSUD Balangan Berganti Nama jadi RSUD Datu Kandang Haji

BALANGAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Balangan, secara resmi berganti nama menjadi RSUD Datu Kandang Haji, Rabu (21/6/2023).

Bupati Balangan H Abdul Hadi mengatakan dengan nama yang baru RSUD Datu Kandang Haji ditargetkan bisa lebih meningkatkan pelayanan dan kualitas rumah sakit.

“Seperti SDM, manajemen dan lain-lainnya bisa dikenal serta diakses dan dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Balangan dan Kabupaten lainnya,” ujar Abdul Hadi.

Atas nama pemerintah daerah dia mengucapkan selamat dan mendoakan sukses untuk keluarga besar RSUD Datu Kandang Haji dan masyarakat Balangan atas pergantian nama RSUD.

Abdul Hadi juga menjelaskan bahwa masyarakat Balangan telah mengenal nama Datu Kandang Haji sebagai ulama kharismatik, yang tentunya sangat berjasa menyebarkan agama Islam di Kabupaten Balangan dan sekitarnya.

Sampai sekarang haulan Datu Kandang Haji setiap tahunnya selalu ramai dihadiri oleh jamaah dari Balangan maupun daerah di sekitarnya.

“Tentunya untuk mencapai cita-cita itu kita harus melengkapi fasilitas dan meningkatkan kualitas SDM, layanan dan manajemen rumah sakit kita ini,” kata Bupati.

Selain itu, Pemkab Balangan berkomitmen untuk terus mengembangkan RSUD Datu Kandang Haji serta melengkapi fasilitasnya dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Bupati juga berpesan kepada karyawan RSUD Datu Kandang Haji untuk lebih meningkatkan pelayanan, profesionalitas dan kinerja.

Sementara itu, Direktur RSUD Datu Kandang Haji drg. Sudirman mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh stakeholder yang terlibat, khususnya Bupati Balangan yang terus mendukung RSUD Datu Kandang Haji.

“Terima kasih kepada pemerintah daerah dan stakeholder lainnya yang terus mendukung kami, semoga dengan bergantinya nama RSUD ini dapat semakin meningkatkan pelayanan dan kualitas rumah sakit,” kata Sudirman.

Saat ini ungkapnya untuk pengadaan tanah serta masterplan pembangunan bangunan utama rumah sakit sudah ada, hanya menunggu memulainya pembangunan dengan anggaran yang disiapkan oleh Pemkab Balangan.

Selain itu Sudirman menjelaskan saat ini rumah sakit telah memiliki pelayanan rumah sakit dasar, yaitu memiliki fasilitas dan dokter anak, penyakit dalam dan bedah serta pelayanan penunjang, yaitu patologi klinik, patalogi anatomi, THT, saraf dan gigi.

“Semoga pada tahun 2027 nanti dengan dorongan pemerintah daerah, RSUD Datu Kandang Haji dapat menjadi RS Madya yang memiliki berbagai fasilitas pelayanan kesehatan untuk ginjal, saraf, jantung dan onkologi atau kanker,” pungkasnya. (Akhmad Sidik)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *