Monday, 18 October 2021
Home / RAGAM / Warung Bakso Mas Agus Diserbu Lalat

Warung Bakso Mas Agus Diserbu Lalat

Rambutan-Warung Bakso Mas Agus di Desa Pangkalan Gelebek Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel), sepi pembeli sejak kembali munculnya kawanan lalat menyerbu desa itu.

Ia mengaku semakin khawatir dengan serangan kawanan lalat tersebut karena tidak cuma akan mendatangkan penyakit namun juga bisa membuat usaha warung bakso miliknya gulung tikar.

“Sudah tiga hari ini banyak lalat, beginilah kalau lagi musim panen ayam di kandang ayam. Padahal, jarak kandang ayam cukup jauh dari sini. Diujung desa,” ungkapnya, saat ditemui wartawan, Kamis, (16/9).

Ia menuturkan ganguan lalat sejak tiga hari terakhir menyerang rumah-rumah di desa itu dan membuat ia dan warga lainnya sangat resah.

Selain hinggap di meja makan diwarung bakso miliknya, lalat-lalat itu juga hinggap disemua tempat. “Terganggu kita, karena jumlahnya sangat banyak sekali,” ujarnya.

Menurut Desi (39) warga desa setempat lainnya mengatakan, lalat-lalat itu berasal dari kandang ayam yang ada di desa ini. Saya dan keluarga sangat tidak nyaman lagi tinggal di desa ini,” katanya.

Seharusnya, kata dia, pemilik kandang ayam didesa ini ditegur. Kalau terus menerus dibiarkan begitu saja tanpa ada yang mau peduli dengan kondisi lingkungan yang rusak seperti ini, saya pikir buat apa ada pemerintah desa.

“Semua orang di negara ini memiliki hak untuk hidup sehat dan layak. Tapi kenapa ada orang yang mencari keuntungan diatas penderitaan masyarakat tapi kok pemerintah pura-pura tidak tahu dan seolah-olah semuanya baik-baik saja,” ujarnya.

“Melalui media massa, saya mewakili warga masyarakat di desa ini, meminta agar supaya persoalan ini segera diselesaikan. Karena efek dari keberadaan kandang ayam didesa kami, kami menjadi terganggu.

“Kami berharap dengan sangat, agar WALHI Sumatera Selatan untuk melakukan gugatan hukum baik secara perdata maupun pidana kepada semua pihak pengusaha kandang ayam yang ada di wilayah kecamatan rambutan kabupaten banyuasin ini,” ujarnya.

Hingga laporan ini selesai ditulis, pemerintah desa pangkalan gelebek dan pemilik kandang ayam didesa setempat belum bisa dikonfirmasi wartawan.

(TIM)

Check Also

Keluhkan Pungutan Liar di Puskesmas Jejawi, Warga: Padahal Gratis

OKI-Warga puluhan Desa di Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), mengeluhkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *