Saturday, 25 September 2021
Home / PENDIDIKAN / TPG ASN Belum Cair, Disdik OKI Belum Lapor ke Kemenkeu

TPG ASN Belum Cair, Disdik OKI Belum Lapor ke Kemenkeu

OKI-Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel) periode April-Juni 2021 mengalami keterlambatan.

Proses pembayaran yang seharusnya dilakukan setiap tiga bulan masih mengalami keterlambatan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat Forum Keadilan Rakyat Indonesia Ansori AK menjawab Tipikor Investigasi.com, Selasa, 7 Juli 2021.

Ansori AK mengatakan pembayaran TPG triwulan pertama seharusnya dilakukan akhir Maret atau paling telat awal April. Sementara Triwulan ke ll, April-Juni, TPG seharusnya dibayarkan pada akhir Juni atau paling lambat awal Juli. “Dan seterusnya-seterusnya hingga Triwulan ke lV,” jelas Ansori AK.

Saat dibincangi tentang masalah TPG yang belum dibayarkan pada triwulan ll April-Juni 2021. Menurut dia hal ini terjadi karena Dinas Pendidikan Kabupaten OKI diduga belum menyerahkan pelaporan persyaratan kepada Kementerian Keuangan.

“Sepertinya Dinas Pendidikan Kabupaten OKI belum menyerahkan pelaporan yang menjadi persyaratan dari Kementerian Keuangan.

Jika laporan triwulan sebelumnya belum diserahkan kepada Kementerian Keuangan, maka Kementerian Keuangan belum bisa melakukan pembayaran untuk triwulan sesudahnya,” jelasnya.

Ansori AK menjelaskan untuk TPG guru PNS, pihak pemerintah daerah (Pemda) harus melaporkan kondisi keuangan kas daerah kepada Kementerian Keuangan.

“Karena yang mencairkan adalah Pemda dalam melakukan pembayaran TPG,” tuturnya.

Sedangkan untuk guru non PNS yang dikoordinasikan Kemendikbud, kata dia, tidak perlu ada laporan administrasi oleh Pemda, karena Kemendikbud bisa langsung melakukan pencarian dengan sistem pelaporan keuangan online terintegrasi.

Namun begitu, ia menambahkan saat ini Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (PLPP) yang menangani semua yang terkait pembiayaan pendidikan.

“Anggaran KIP dan TPG sejak struktur baru ditangani oleh PLPP. Kondisinya sekarang lebih fokus pada pembenahan tata kelola dan peningkatan kualitas GTK,” pungkasnya.

Hingga laporan ini ditulis, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten OKI, Dedi Rusdianto, tidak berada di ruang kerja saat akan dikonfirmasi, Selasa, 7 Juli 2021.

SANGKUT SUMSEL

Check Also

Kinerja Dan Prestasi Kanwil ATR/ BPN Kalbar mendapat Apresiasi Dari Gubernur Sutarmiji

PONTIANAK KALBAR – Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., menjadi Inspektur Upacara dalam Pringatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *