Kamis, 24 Juni 2021
Home / PENDIDIKAN / Selamat Hari Lahir Pancasila dari OKI

Selamat Hari Lahir Pancasila dari OKI

OKI-1 Juni merupakan hari paling istimewa bagi masyarakat Indonesia, karena bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila. 1 Juni 1945, Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno melalui pidato menyampaikan konsep awal Pancasila dan menjadi dasar negara Indonesia.

Dalam memperingati hari paling bersejarah ini, ribuan Guru dan ratusan Kepala Sekolah serta Pejabat di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila melalui media massa.

Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupaten OKI Abdullah Arifai S.Pd.,MSi mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila melalui media massa. Ia mengatakan bahwa Pancasila merupakan perekat bangsa.

“Pancasila dalam tindakan, Bersatu untuk Maju,” ucapnya.

Selain Abdullah Arifai, salah satu Ketua K3S di Kabupaten OKI Muhammad Aris S.Pd SD turut mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila.

“Pancasila dicetuskan oleh Presiden RI pertama, Ir Soekarno, sebagai dasar negara Indonesia yang juga menjadi falsafah hidup bagi semua rakyat Indonesia,” tuturnya, Selasa 1 Juni 2021.

Muhammad Aris pun memberikan harapannya bagi kepala sekolah untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan, tidak hanya dijadikan sebagai lambang semata.

“Untuk memperingati hari lahir Pancasila tahun ini, mari kita ingat kembali maknanya. Tidak boleh hanya menjadi sekedar lambang, tapi nilai-nilai yang terkandung pada lima sila Pancasila harus dapat dicerminkan pada sikap sehari-hari,” ujarnya.

Dalam situasi pandemi saat ini, ia mengatakan, Pancasila bisa dijadikan landasan untuk memperkuat pengabdian ditengah kesulitan dimasa berat.

“Terutama di masa pandemi yang sedang kita hadapi, kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, persatuan seluruh rakyat Indonesia adalah penopang sekaligus kekuatan bagi kita dalam menjalankan tugas dan pengabdian,” tandasnya.

Hal senada turut disampaikan Kepala Sekolah SD 3 Batun Baru Fikri Ali S.Pd. Ia mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila.

“Pancasila dirumuskan oleh Bung Karno dan para pendiri bangsa sebagai dasar negara. Kita semua sepakat bahwa ideologi Pancasila adalah pilihan terbaik dan final bagi bangsa Indonesia,” kata Fikri Ali.

“Karena ideologi Pancasila sebagai pilihan terbaik bagi bangsa, kita harus mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Maka dari itu, sebagai abdi negara kita sudah seharusnya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam menjalankan tugas. Selamat Hari Lahir Pancasila,” pungkasnya.

ADENI ANDRIADI SH.,MSi

About admin

Check Also

Kabel APILL Exit Tol Celikah Dicuri

OKI-Aksi pencurian kabel lampu penerangan jalan kembali terjadi di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *