Kamis, 24 Juni 2021
Home / KULINER / Saat Durian Bersua Baung, Jadilah Tempoyak Ikan Sungai Komering

Saat Durian Bersua Baung, Jadilah Tempoyak Ikan Sungai Komering

OKI-Aroma rempah-rempah pekat menusuk hidung, menyebar dari dapur. Kuatnya aroma bumbu-bumbu, membuat pepes tempoyak ikan baung begitu terasa gurih saat dinikmati.

Banyak kuliner di Kabupaten Ogan Komering Ilir yang terbuat dari ikan dan sangat terasa nikmat saat disantap. Mulai dari ikan baung, patin, toman, gabus dan nila.

Beberapa tempat makan di Bumi Bende Seguguk pun selalu menyediakan kuliner terbuat dari ikan dari sungai Komering. Kelebihan terbesar ikan adalah kandungan asam lemak omega 3 yang dibutuhkan manusia.

Omega 3 sangat bagus untuk fungsi otak dan mencegah peradangan serta penyakit jantung. Berdasarkan besar penelitian menyebutkan, ikan baung memiliki kandungan omega 3 pada bagian perut dan kepala.

Brengkes tempoyak ikan baung dibuat dengan menggunakan bumbu berupa buah durian yang difermentasi serta dicampur dengan serai, cabai, kunyit, dan garam. Brengkes tempoyak terasa gurih dan lezat. Agar tidak amis brengkes ikan pada saat dibuat dicampur dengan kunyit.

Selain brengkes ikan baung, kuliner yang tak kalah nikmatnya adalah pindang patin. Sajian ini mengunakan bumbu, diantaranya adalah kunyit, serai, lengkuas, daun salam, cabai rawit, dan cabai merah.

Kuatnya campuran bumbu bisa ditemukan pada brengkes ikan baung. Biasanya disantap dengan nasi dan sambal mangga. Kuliner khas satu ini biasanya kerap ditemukan dalam tradisi behidang, yakni makan bersama secara beramai-ramai.

ADENI ANDRIADI SH.,MSi

About admin

Check Also

Kabel APILL Exit Tol Celikah Dicuri

OKI-Aksi pencurian kabel lampu penerangan jalan kembali terjadi di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *