Sabtu, 24 Juli 2021
Home / INVESTIGASI / PT Kelantan Sakti Dituntut Bertanggung Jawab Atas Pencemaran Lingkungan di Kecamatan Pedamaran

PT Kelantan Sakti Dituntut Bertanggung Jawab Atas Pencemaran Lingkungan di Kecamatan Pedamaran

OKI-Dewan Pimpinan Pusat Forum Keadilan Rakyat Indonesia akan menggelar diskusi di Palembang terkait soal kerugian warga akibat pencemaran limbah Pabrik Kelapa Sawit milik PT Kelantan Sakti di Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pada Senin 14 Juni 2021.

Persoalan pencemaran lingkungan dari operasi selama lebih dari 10 tahun oleh perusahaan milik taipan ini belakangan mulai menuai sorotan dari banyak kalangan.

Sedikitnya terdapat 800 juta meter kubik tanah milik masyarakat di Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI diduga terkontaminasi oleh limbah Pabrik Kelapa Sawit milik PT Kelantan Sakti.

Ratusan pengaduan masyarakat terkait pencemaran lingkungan di Sungai Batang Hari Sewo, Sungai Pedamaran, Sungai Ogan, dan Sungai Babatan mulai menuai hasil.

Ini seolah-olah mereka lepas tangan. Padahal masyarakat butuh pertanggungjawaban,” kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Forum Keadilan Rakyat Indonesia, Ansori AK, Sabtu 12 Juni 2021.

Ansori AK meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten OKI untuk dapat memberikan penjelasan terkait adanya fakta pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh PT Kelantan Sakti yang jelas-jelas merugikan masyarakat di Kecamatan Pedamaran.

Karena itu, PT Kelantan Sakti harus bertanggung jawab mutlak. “Itu sesuai undang-undang No 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH).

Sejauh ini sebanyak 800 juta meter kubik tanah di Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI diduga terkontaminasi limbah cair dari Pabrik Kelapa Sawit milik PT Kelantan Sakti.

Tanah dan air yang terkontaminasi limbah milik PT Kelantan Sakti itu diduga mengandung zat logam berat berbahaya bagi ekosistem alam dan kesehatan kehidupan manusia,” jelas Ansori AK.

Dinas Lingkungan Hidup, masih kata dia, adalah fasilitator dan mediator sengketa. Sebab, izin perusahaan PT Kelantan Sakti dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

“Harapan kami, perusahaan yang menyebabkan kerugian masyarakat itu harus bertanggung jawab penuh,” tegasnya.

“Hingga kini belum pernah ada ganti rugi pencemaran limbah oleh PT Kelantan Sakti kepada masyarakat di Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI. Padahal hitungan pencemaran itu telah diatur didalam Permen LHK No.7 tahun 2014. Namun tidak banyak masyarakat yang tahu.

“Masyarakat di Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI tidak diberikan otoritas melawan. Masyarakat sipil tidak diberikan otoritas. Padahal dari aturan, kerugian bisa dihitung. Beda dengan di Amerika, pribadi bisa menggugat negara.

Kasus pencemaran lingkungan oleh pabrik kelapa sawit milik PT Kelantan Sakti itu dampaknya akan terus meluas karena faktor alam. Mengalir dari pabrik kelapa sawit milik PT Kelantan Sakti melalui saluran pembuangan limbah dan masuk ke dalam tanah hingga jangka panjang mencemari fasilitas mandi, cuci, dan kakus (MCK) masyarakat di Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI,” jelasnya.

Gerakan masyarakat seperti ini harus menjadi titik pijak. Sebagaimana diketahui, PT Kelantan Sakti tidak pernah menganggarkan dana untuk biaya pemulihan lingkungan akibat limbah yang dihasilkan oleh aktivitas perusahaan.

Menurut Ansori AK, harus ada pertanggungjawaban bisnis dan mutlak dari PT Kelantan Sakti. Apalagi masyarakat punya hak hukum untuk menuntut. Karena itu, Pemerintah Kabupaten OKI kalau tidak mau terlambat harus segera menyusun langkah-langkah hukum bersama masyarakat untuk menuntut pertanggungjawaban PT Kelantan Sakti.

“Jangan sampai PT Kelantan Sakti hanya memberikan limbah kepada masyarakat di Kecamatan Pedamaran,” tukasnya.

Hasil Investigasi Dewan Pimpinan Pusat Forum Keadilan Rakyat Indonesia menemukan adanya pencemaran lingkungan di Kecamatan Pedamaran. “Sampai hari ini pencemaran lingkungan di Kecamatan Pedamaran sama sekali belum pernah dipulihkan. “Kami akan menuntut tanggung jawab PT Kelantan Sakti atas pencemaran lingkungan di Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI,” tegasnya.

ADENI ANDRIADI SH.,MSi

About admin

Check Also

Pengusaha di balik Calon

OKI-Pengakuan salah satu tim sukses dari nomor urut tiga (3) calon kepala desa muara batun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *