Monday, 17 January 2022
Home / INVESTIGASI / Proyek Jalan Ng Pinoh – Ella Hilir 51 Milyar Diduga Terindikasi Korupsi

Proyek Jalan Ng Pinoh – Ella Hilir 51 Milyar Diduga Terindikasi Korupsi

Melawi – Proyek pembangunan jalan Nanga Pinoh – Ella Hilir menelan dana sebesar kurang lebih 51 milyard yang merupakan batas antara Kalbar – Kalteng di duga kuat terindikasi korupsi , proyek tsb juga diduga keras menyimpang dari spesifikasi yang tertuang dalam kontrak. Pasalnya, proyek jalan yang di kerjakan ini yang seharusnya menggunakan material batu pecahan atau batu split, namun pada prakteknya pihak perusahaan PT Lintas Kapuas Persada diduga menggunakan batu kali atau batu sungai.
Mega proyek tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2021 sebesar Rp.51.815.899.000 ( Lima Puluh Satu Milyar Delapan Ratus Lima Belas Juta Delapan Ratus Sembilan Puluh Sembilan Ribu Rupiah ) yang diprediksi akan selesai dikerjakan dala 365 hari atau berakhir pada tanggal 17 November 2021.


Disisi lain pihak pengelola kuari yang ditunjuk sebagai penyuplai batu sungai dalam proyek tersebut juga diduga kuat juga tidak mengantongi izin dari kementerian pertambangan.
Saat dikonfirmasi, masyarakat setempat membenarkan bahwa mega proyek tersebut telah menggunakan batu sungai.
Secara terpisah, Dinas Lingkungan Hidup Kab Melawi, membenarkan bahwa kuari tersebut dikelola oleh CV 888. Melalui Sekdis LH Kab Melawi, sangat menyayangkan pengelolaan kuari tersebut tak dikerjakan secara profesional dan tak sesuai kesepakatan.
Proyek jalan Ng Pinoh-Ella Hilir merupakan jalan penghubung lintas Kalimantan dan Kalteng juga di lewati 6 Desa, yaitu Desa Beban Permai, Desa Nanga nyuruk, Desa Kempangai, Desa Jabai, Desa Nanga Kelat, dan Desa Penyuguk.(tim)

Check Also

KEPSEK SMA 1 LEMONG DIDUGA PERINTAHKAN SATPAM TOLAK WARTAWAN

Peaisir Barat-Kepala sekolah menengah atas(SMA)1Lemong Nur Soraya diduga memberikan perintah kepada penjaga sekolah agar menolak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *