Sabtu, 24 Juli 2021
Home / JUSTISIA / Petaka Polusi Udara

Petaka Polusi Udara

OKI-Polusi udara di Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi persoalan serius. Disebut serius karena polusi udara tidak hanya melanggar hak asasi manusia, tetapi juga melanggar hak konstitusional warga negara.

Ketentuan bahwa setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat diatur secara terang benderang di dalam undang-undang nomor 39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia.

Sebagai hak konstitusional, Pasal 28 H ayat (1) UUD 1945 pun menyebutkan setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

Tegas dikatakan bahwa penyakit yang diakibatkan dampak polusi udara ialah gangguan pernapasan, seperti infeksi saluran pernapasan atas, iritasi mata, penyakit akibat gangguan jantung dan pembuluh darah, penurunan sistem kekebalan tubuh, dan dapat menyebabkan kanker apabila terpapar dalam jangka panjang.

Karena itu, sudah sepantasnya udara yang sangat kotor harus dianggap juga sebagai sebuah petaka atau bencana. Negara (Pemerintah) harus turun tangan sekarang juga, jangan berlama-lama, untuk mengatasi bencana buruknya kualitas udara di Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI belakang ini.

Negara (Pemerintah) dituntut untuk segera membuat kebijakan yang efektif untuk menangani polusi udara di Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel).

Akan tetapi, kebijakan efektif bisa diambil jika diketahui penyebabnya. Berdasarkan catatan Dewan Pimpinan Pusat Forum Keadilan Rakyat Indonesia, sumber polusi udara di Kecamatan Pedamaran berasal dari pabrik kelapa sawit milik PT Kelantan Sakti.

(TIM)

About admin

Check Also

Pengusaha di balik Calon

OKI-Pengakuan salah satu tim sukses dari nomor urut tiga (3) calon kepala desa muara batun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *