Sabtu, 24 Juli 2021
Home / RAGAM / Perencanaan Konsep Kantor Gubernur Baru Dinilai Keliru

Perencanaan Konsep Kantor Gubernur Baru Dinilai Keliru

Palembang-Pembangunan kantor Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) baru dinilai tidak berdasarkan kajian teknis dan ekonomis secara mendalam sehingga dianggap kurang bermanfaat bagi masyarakat, bahkan berpotensi merugikan keuangan negara.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Pusat Forum Keadilan Rakyat Indonesia, Ansori AK, keputusan pemerintah provinsi sumatera selatan membangun kantor gubernur baru belum tepat. Dinilai dari konsepnya, dampaknya sangat tinggi pada biaya jika dibandingkan dengan kemanfaatan.

“Saya melihat ini masih berorientasi proyek, tidak melalui litbang yang benar, tidak sesuai dengan kondisi ekonomi dan kebutuhan riil masyarakat,” ujar Ansori AK, Minggu 20 Juni 2021.

Dia menilai proyek kantor gubernur sumatera selatan yang baru sudah keliru sejak perencanaan. Kantor gubernur, kata dia, seharusnya dibangun di dalam kota, bukan ditepi kota diatas rawa-rawa dan menghabiskan biaya penimbunan Rp 160 miliar.

“Lokasi kantor gubernur itu seharusnya ditengah kota. Supaya masyarakat bisa berkunjung ke sana setiap saat. Bukan ditepi kota diatas rawa-rawa,” jelasnya.

Kekeliruan ini ungkapnya, yakni karena dikerjakan dengan terburu-buru. Akibatnya, 160 miliar uang APBD dihabiskan hanya untuk melakukan penimbunan.

Padahal kota Palembang memiliki banyak lokasi strategis dekat dengan masyarakat. Kekeliruan ini mengakibatkan biaya pembangunan kantor gubernur baru menjadi sangat besar.

Selain kantor gubernur, Ansori AK menyoroti proyek perbaikan jalan alternatif Palembang Kayuagung Lampung yang ditengarai tidak dikerjakan oleh kontraktor yang baik. Proyek perbaikan jalan alternatif Palembang Kayuagung Lampung yang dia nilai dikerjakan tidak optimal antara lain diwilayah Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin dan wilayah Kecamatan Jejawi dan Sp Padang OKI.

“Ini adalah salah satu kegagalan pemerintah provinsi sumatera selatan. Memindahkan kantor gubernur dan memperbaiki kerusakan jalan,” ujarnya.

SANGKUT

About admin

Check Also

Pengusaha di balik Calon

OKI-Pengakuan salah satu tim sukses dari nomor urut tiga (3) calon kepala desa muara batun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *