Saturday, 25 September 2021
Home / RAGAM / Operasi Semburan Fitnah di Pilkades Muara Batun

Operasi Semburan Fitnah di Pilkades Muara Batun

OKI-Tipikor Investigasi.com mengendus adanya operasi semburan fitnah ala propaganda politik dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades-2021) di Desa Muara Batun Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir OKI Sumatera Selatan (Sumsel), baru-baru ini.

Operasi semburan fitnah ala propaganda politik itu ditengarai dilakukan oleh tujuh (7) orang pendukung dari tiga orang calon kepala desa di desa muara batun dengan nomor urut 1, 2, dan 3.

“Operasi semburan fitnah ala propaganda politik itu dilakukan oleh tujuh orang dari tiga orang calon kepala desa di desa muara batun. Operasi dilakukan dengan menggunakan tim sukses dari tiga orang calon kepala desa muara batun dari nomor urut satu, dua, dan tiga. Propaganda itu mengarah kepada modus operasi yang dikenal dengan operasi semburan fitnah. Operasi ini sukses digunakan pada 2003, 2009 hingga 2015,” Ungkap Ansori AK, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Forum Keadilan Rakyat Indonesia, Selasa, 20 Juli 2021.

Ansori AK menuturkan, propaganda semacam itu mulai muncul pada Pilkades di desa muara batun sejak 2003 untuk menjatuhkan calon-calon kepala desa dengan cara terus menerus memunculkan isu-isu negatif.

Hasilnya, muncul ketidakpercayaan massif dari warga terhadap pemerintah desa setempat karena dikapitalisasi oleh 7 orang dari satu sekelompok.

Ansori AK menjelaskan, evolusi dari modus operandi ini muncul dalam berapa kali pemilihan kepala desa di desa muara batun. Dalam pemilihan kepala desa muara batun antara Junaidi (Incamben) dan Herman pada 2015, strategi semburan fitnah mencapai puncaknya.

“Ada keterlibatan 7 orang konsultan politik yang jago dalam menebar kampanye negatif yang sangat ofensif melalui beberapa taktik. Serang, serang, dan serang. Dan operasi semburan fitnah ala propaganda politik itu dilakukan secara masif dalam beberapa hari ini,” ungkapnya.

Ansori AK menjelaskan, operasi semburan fitnah kali ini kembali dilakukan dengan menggunakan tiga tim sukses dari tiga calon kepala desa muara batun dengan tujuan untuk menjatuhkan salah satu calon kepala desa terkuat di desa muara batun. “Begitu cara mereka membuat dusta mengalahkan kebenaran,” ucapnya.

“Operasi ini, ingin menghancurkan kepercayaan warga desa muara batun terhadap media massa. Operasi semburan fitnah ini sangat merusak demokrasi, karena itu harus dihancurkan,” kata Ansori AK.

Menurut dia, banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah pengawasan. “Cara yang paling efektif untuk menghancurkan operasi semburan fitnah adalah dengan cara menelanjangi bagaimana operasi itu dilakukan,” ucapnya.

TIM INVESTIGASI TIPIKOR

Check Also

Diduga Korupsi ADD, Datuk Penghulu di Rohil Ditahan Kejari

ROKAN HILIR – SB alias C selaku Datuk Penghulu Sungai Majo Pusako, Kecamatan Kubu Babussalam, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *