Monday, 18 October 2021
Home / RAGAM / Musdes RKPDes Kluwut Kecamatan Bulakamba,sesuai RPJMDes Tahun 2021

Musdes RKPDes Kluwut Kecamatan Bulakamba,sesuai RPJMDes Tahun 2021

Brebes- Pemerintah Desa Kluwut menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) Tahun Anggaran 2022.
Pelakasanaan Musdes RKP-Desa mendasar pada Permendesa PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa. Musdes RKP-Desa bertujuan menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa Kluwut, untuk tahun anggaran 2022 yang akan datang.
Bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Desa Kluwut, Rabu,22/09/2021 Musdes yang dihadiri oleh Camat Bulakamba Sugeng Basuki, Babinsa,Babinkantibmas, BPD, Kepala Desa Zaenal Arifin,Karang taruna , LPM beserta jajarannya dan tokoh masyarakat ini berjalan khidmat.

Dalam sambutannya menuturkan RKP-Desa harus sesuai dengan visi misi pemerintahan desa yang tertuang dalam RPJM dalam musyawarah yang dipimpin oleh Kepala Desa tersebut.

Kepala Desa Zaenal Arifin menyampaikan laporan realisasi RKP-Desa Tahun 2021 dan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun anggaran 2021.
Pelaksanaan musdes diawali dengan pencermatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Kluwut (RPJM) Tahun 2021-2022 Gagasan/usulan dusun yang tertuang dalam RPJM menjadi acuan penyusunan RKP-Desa Tahun 2022.
Musdes menghasilkan beberapa mufakat tentang pokok-pokok prioritas pembangunan tahun 2021.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama Pemerintah Desa menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) Tahun Anggaran 2022.

Bertempat di kantor desa setempat,Rabu (22/09/2021) Musdes dihadiri oleh BPD dan anggotanya, kepala desa beserta perangkatnya, ketua RT, Pendamping Desa, LPM, Lembaga Pendidikan, PKK, Posyandu, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Pelakasanaan Musdes RKP-Desa mengacu pada Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan Desa dan Permendesa PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa. Musdes RKP-Desa bertujuan menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa Kluwut untuk tahun anggaran 2022 yang akan datang.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), , dalam sambutan sekaligus membuka acara tersebut, berharap “ tujuan akhir yang ditetapkan di dalam RPJM Desa,

Dalam sambutannya, Kepala Desa Kluwut Zaenal Arifin menyampaikan “Pada saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19 sehingga banyak pekerjaan di tahun 2021 harus terpotong, dikarenakan sebagian besar anggaran harus terfokus pada penanggulangan Covid-19 yang disesuaikan dengan Peraturan Menteri Desa, selain itu Pemerintah Desa diwajibkan dan harus menggelar Rapat Kordinasi tentang pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Desa tahun 2022 serta kami akan berusaha untuk merealisasikan rencana dan program kerja demi kemajuan Desa Kluwut, “jelas Kades penuh wibawa.

Musdes tersebut menyepakati pembentukan tim penyusun RKP-Desa dengan jumlah Tim 11 anggota dan tim verifikasi Dan keanggotaan tersebut diambil dari perwakilan perangkat desa, PKK, Posyandu, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh agama yang tentunya memperhatikan keterwakilan perempuan dalam keanggotaan tersebut.

“selaku pendamping desa mengapresiasi terlaksananya Musdes RKP-Desa Kluwut. Beliau berharap dengan terbentuknya tim RKP-Desa dan tim verifikasi kedepannya dapat bekerja secara maksimal sehingga RKP-Desa bisa menyerap aspirasi dari lapisan masyarakat yang paling bawah, “tuturnya jelas dan penuh semangat.

(Tholib)

Check Also

Keluhkan Pungutan Liar di Puskesmas Jejawi, Warga: Padahal Gratis

OKI-Warga puluhan Desa di Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), mengeluhkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *