Monday, 18 October 2021
Home / JUSTISIA / Korupsi DD di Pangkalan Lampam, Eks Kades 2 Periode Ditahan

Korupsi DD di Pangkalan Lampam, Eks Kades 2 Periode Ditahan

OKI-Masyarakat Desa Pulauan Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel) , Rabu (6/10), dihebohkan dengan beredarnya kabar tentang adanya penangkapan terhadap kepala desa di desa itu. Mantan Kepala Desa Desa Pulauan 2 periode, A, diduga terlibat kasus korupsi dana desa dengan kerugian negara yang disebabkannya mencapai Rp 325 juta rupiah.

“Ada kerugian negara dari kegiatan pembangunan gedung olahraga multi fungsi tahun 2019 dengan pagu anggaran Rp 375 juta.

Dana Desa (DD) yang diselewengkan itu tahun anggaran 2019 senilai Rp 325 juta. Semestinya dana desa itu dipakai untuk kepentingan di desanya. “Kerugian negara mencapai Rp 325 juta rupiah,” kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Forum Keadilan Rakyat Indonesia, Ansori AK, Rabu (6/10).

Camat Pangkalan Lampam, Tasuhia Mika SIP, mengatakan, polisi telah melakukan penahanan terhadap pelaku. Yang bersangkutan ditangkap karena diduga melakukan korupsi dana desa tahun 2019,” ujarnya.

“Hasil investigasi DPPFKRI menemukan ada dugaan keterlibatan oknum perangkat desa dan anggota BPD dalam kasus ini.”

Ansori AK mengatakan, tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru yang diduga ikut berperan dalam kasus penyimpangan dana desa ini. Karena itu, ia meminta agar supaya penyidik bekerja secara profesional,” kata Ansori AK.

Saya berharap mantan Kepala Desa (Kades) dua periode 2008-2014 dan 2014-2020 itu bisa dituntut dengan pasal 2 ayat 1 junto pasal 18 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001. Selain itu juga saya berharap yang bersangkutan bisa dijerat dengan pasal 3 junto pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999,” imbuhnya.

SANGKUT SUMSEL

Check Also

Keluhkan Pungutan Liar di Puskesmas Jejawi, Warga: Padahal Gratis

OKI-Warga puluhan Desa di Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), mengeluhkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *