Sabtu, 24 Juli 2021
Home / RAGAM / Kemarau, Warga Desa Tanjung Merbo Kesulitan Air

Kemarau, Warga Desa Tanjung Merbo Kesulitan Air

Banyuasin-Debit air di sumur milik warga di Desa Tanjung Merbo Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel) mengering. Pasokan air bersih warga yang bergantung pada sumur sangat terganggu

Salah satunya dialami pia, 58, mengaku debit air di dalam sumur miliknya mulai mengering akibat kemarau. “Sekarang lagi sulit mencari air karena musim kemarau. Banyak sumur yang kering didesa kami,” kata dia, Kamis 17 Juni 2021.

Ketika musim hujan dirinya masih bisa memperoleh air di sumur miliknya antara 400 hingga 500 liter perhari. Tetapi dimusim kemaru ia kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

“Susah sekali mau dapat 200 liter air, padahal usahanya dari satu dusun kedusun lain, bahkan sampai ke desa tetangga,” ujarnya.

Musim kemarau sangat berdampak terhadap aktivitas warga di desa tanjung merbo. Banyak warga memutuskan untuk membeli air dari pedagang air keliling.

Kalau pun dapat air, kata dia, beli dari pedagang. Meski merasa dirugikan, warga setempat mengaku terpaksa harus membeli air karena sumur milik mereka dalam kondisi kering.

“Kami akan membeli air ketika musim kemarau. Karena disaat kemarau sumur milik kami mengalami kekeringan,” kata warga setempat lainnya.

SANGKUT SUMSEL

About admin

Check Also

Pengusaha di balik Calon

OKI-Pengakuan salah satu tim sukses dari nomor urut tiga (3) calon kepala desa muara batun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *