Monday, 18 October 2021
Home / PROFILE / Kang WAYAN DADALI Konsep “Desa Ciherang” HEBAT -BERKARAKTER

Kang WAYAN DADALI Konsep “Desa Ciherang” HEBAT -BERKARAKTER

Bogor – Wacana Pilkades dikabupaten Bogor diujung waktu,pentas demokrasi ini tentu amat menyedot perhatian masyarakat.
Bahkan salah satu Ketum LSM BMH,Irianto,SH MH,( 13/8) hingga terjun langsung untuk memonitoring awal pelaksanan hingga akhir pada pesta Demokasi ini hingga tepat sesuai aturan dan tidak mencederai hukum dan demokrasi.
” Untuk Pilkades tahun ini kami akan melakukan pemantauan dan pengawalan secara khusus di kabupaten Bogor bahkan titik konsentrasi tentu pada daerah yang dinilai rentan dan jauh dari pengawaan para pejabat Pemkab Bogor.Salah satu dari desa yang memiliki kompleksitas dan potensi untuk tumbuh berkembang termasuk desa Ciherang ,kecamatan Dramaga ini.Kita akan mulai pemetaan dan membuka jaringan komunikasi secara terstruktur tentu dengan pola dan metode riset” ungkapnya.
Sementara itu,salah satu bakal calon Kades yang diusung warga desa Ciherang yang santer dan turut diperhitungkan bakal memiliki massa dan konstituen pemilih yakni
Kang WAYAN DADALI ( I Wayan Sarjana – Red).
Ditemui wartawan belum lama ini,
Kang WAYAN- DADALI memaparkan rumusan dan konsep membangun Desa CIherang.
“Konsep yang direncanakan dalam pembangunan Desa Ciherang adalah bertema” Ciherang Desa Hebat Dan Berkarakter.
Dalam hal ini, hebat berarti dapat memberdayakan segala potensi di wilayah desa, yaitu sumberdaya manusia (kepemudaan/millenials, ibu rumah tangga, dan seluruh masyarakat) sangat memungkinkan untuk dijadikan mesin percepatan peningkatan ekonomi rakyat/masyarakat.
Ekonomi dimaksud membangun sentra IKM/UMKM per- RW dan memberikan/membuka peluang pasar bagi mereka yang sudah melakukan kegiatan UMKM tadi baik secara digital maupun konvensional. Untuk pasar digital akan dibuatkan spot-spot rumah marketing di wilayah RW.
Rumah-rumah pasar (secara bertahap dilakukan untuk seluruh RW) didukung fasilitasi alat/perangkat untuk memenuhi kebutuhan pasar yang ada.
Dari sisi pendidikan, pemerintah desa harus mendorong semua lapisan masyarakat untuk mengikuti pendidikan formal berkelanjutan minimal SD-SMP hingga SMA. Hal ini guna menghapus tingkat buta huruf ditengah masyarakat. Dan bilamana ada masyarakat yang kurang mampu, desa harus memberikan solusi agar anak-anak usia sekolah tetap bersekolah. Jika ada siswa putus sekolah maka desa akan hadir sebagai bapak angkat untuk menjamin anak sampai lulus sekolah hingga setidaknya SMA. Desa juga memberikan beasiswa kepada anak-anak yang berprestasi untuk ke jenjang universitas/perguruan tinggi. Untuk apa? Ke depan, sumberdaya manusia di desa sudah hebat, akan sangat mudah desa ini menjadi desa yang hebat dan mampu bersaing.
Membangun karakter Desa CiHerang,maka harus ada identitas/icon sebagai salah satu desa berciri khas ,Tatar Sunda dimana masyarakat akan selalu digaungkan untuk mencintai budaya/ kearifan lokalnya , desa ini harus berkarakter sebagai masyarakat Sunda, baik di bidang seni, budaya, ekonomi berbasis kebersamaan (koperasi) dan juga membuat icon kesundaan sebagai ciri masyarakat yang ada di desa Ciherang. Ciri itulah yang menjadi karakter desa yg akan datang. Sebagai masyarakat yang berkarakter, semua yg dilakukan sesuai dengan karakteristik kesundaan dengan jiwa atau ruh berbasis kesundaan (sabilulungan) dan religius (penguatan kegiatan MUI desa)” terang Wayan pada wartawan.Dijelaskan dia,dukungan semua unsur-unsur yang berkaitan dengan kemasyarakatan pasti diperlukan, untuk bisa di berikan perhatian dari pemerintah kabupaten, kepala desa harus aktif ke pemerintah kabupaten baik di legislatif maupun yudikatifnya, untuk terus mensoundingkan program yang akan dilakukan oleh masyarakat Desa.
Dan tidak hanya mengandalkan pemerintah kabupaten saja, tetapi juga dari pemerintah provinsi maupun Nasional melalui kementerian – kementrian, juga melibatkan swasta dalam bentu CSR dari perusahaan tersebut, dan kalau memungkinkan bisa bekerja sama dengan fund rising dari mana saja.
Akses jalan yang membelah wilayah desa Ciherang, bisa dijadikan etalase atau gerai bagi UMKM dan IKM masyarakat kita di sepanjang jalan yang akan di beri sarana oleh pihak desa, melalui kesra yang akan membangun BUMDES sebagai motor atau mesinnya UMKM dan IKM di masyarakat. Dengan demikian masyarakat akan berdaya secara ekonomi” katanya.
Hal lain,Desa mandiri perlu proses, tapi dari uraian diatas akan menjadikan Desa CIIHERANG MANDIRI.Saya berani maju karena ada dukungan warga artinya Kans sangat tinggi, karena masyarakat ingin perubahan fundamental di semua sektor. Dan saya hadir dari latar belakang sebagai seorang BUDAYAWAN, Praktisi ekonomi kerakyatan (UMKM, IKM, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan),pungkas dia.(Agussubagja).

Check Also

Keluhkan Pungutan Liar di Puskesmas Jejawi, Warga: Padahal Gratis

OKI-Warga puluhan Desa di Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), mengeluhkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *