Kamis, 24 Juni 2021
Home / PENDIDIKAN / Kabid SD Disdik OKI:1 Juni Momen Refleksi Lahirnya Pancasila

Kabid SD Disdik OKI:1 Juni Momen Refleksi Lahirnya Pancasila

OKI-Kabid SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Abdullah Arifai S.Pd.,MSi menyebut tanggal 1 Juni sebagai momentum refleksi lahirnya Pancasila. Ia mengungkapkan, sebagai bagian panjang dari sejarah bangsa dalam merumuskan dasar negara, Pancasila memiliki nilai-nilai yang dapat diteladani dan dijadikan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Abdullah Arifai mengungkapkan, konsep dan rumusan awal “Pancasila” sebagai dasar negara Indonesia merdeka pertama kali dikemukakan oleh Ir. Soekarno dalam pidato di depan sidang BPUPKI.

“Pidato ini awalnya disampaikan oleh Ir. Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapatkan sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPKI,” kata dia, Senin, 31 Mei 2021.

Menurut Abdullah Arifai, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Lahirnya Pancasila. “Berbagai ucapan, berupa tulisan di Facebook, Twitter, Instagram, dan media massa merupakan salah satu bentuk Peringatan Hari Lahir Pancasila,” ungkapnya.

Abdullah Arifai mengungkapkan, Pancasila bersifat universal, logis, dan dapat dipakai untuk mewujudkan cita-cita yang tertuang dalam Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945. Ia berpendapat, semua program yang dijalankan oleh Kemendikbud RI sangat baik untuk mencegah paham selain Pancasila.

Ia mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila dengan mengutip pernyataan Presiden RI Pertama.

“Selamat Hari Lahir Pancasila. Kuat karena bersatu, bersatu karena Kuat,” ujarnya.

ADENI ANDRIADI SH.,MSi

About admin

Check Also

Kabel APILL Exit Tol Celikah Dicuri

OKI-Aksi pencurian kabel lampu penerangan jalan kembali terjadi di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *