Monday, 18 October 2021
Home / INVESTIGASI / Gubernur Gagal Lindungi Masyarakat dari Ancaman Tambang

Gubernur Gagal Lindungi Masyarakat dari Ancaman Tambang

Palembang-Ketua Dewan Pimpinan Pusat Forum Keadilan Rakyat Indonesia Ansori AK menganggap pemerintahan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru atau Deru gagal memastikan keselamatan masyarakat dan kelestarian lingkungan serta alam dari acaman tambang ilegal.

Salah satu indikatornya, kata Ansori AK, pemerintah daerah provinsi sumatera selatan memberikan lampu hijau yang membuka keran untuk terjadinya kejahatan terhadap lingkungan.

“Ada banyak pengusaha tambang ilegal di beberapa daerah di sumatera selatan yang diuntungkan oleh kepemimpinan Herman Deru,” kata dia, Minggu (3/9) sore.

Ansori AK menilai ada indikasi patgulipat alias main mata antara oknum pejabat di lingkungan pemerintahan provinsi sumatera selatan bersama para pemilik tambang ilegal. Apalagi, kata dia, banyak kepala daerah di sumatera selatan saat ini adalah pengusaha.

“Jabatan diselaraskan dengan bisnis. Hal ini dilakukan untuk memuluskan bisnis keluarga besar. Seorang pejabat negara dapat dipidana jika menyalahgunakan kewenangan. Seorang pejabat tidak boleh melindungi atau bahkan memuluskan bisnis keluarga apalagi tambang ilegal,” jelasnya.

TIM

Check Also

Keluhkan Pungutan Liar di Puskesmas Jejawi, Warga: Padahal Gratis

OKI-Warga puluhan Desa di Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), mengeluhkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *