Monday, 18 October 2021
Home / NASIONAL / Di Sorot Komisi II DPR RI: Minta Diukur Ulang Semua HGU di Riau, Soal Biaya DPR yang Ketuk Palu!

Di Sorot Komisi II DPR RI: Minta Diukur Ulang Semua HGU di Riau, Soal Biaya DPR yang Ketuk Palu!

Pekanbaru – Wakil Ketua Panitia Kerja Komisi II DPR RI, Junimart Girsang meminta agar Kementerian Agraria Tata Ruang (ATR/ BPN) untuk mengukur ulang seluruh luasan hak guna usaha (HGU) perusahaan perkebunan di Riau. Ia meyakini hampir seluruh perusahaan mengelola lahan yang melampaui luasan yang diberikan oleh pemerintah.

“Saya yakin, 99 persen perusahaan mengambil lahan di luar wilayah kelola yang diberikan berdasarkan HGU. Hampir semuanya perusahaan begitu,” kata Junimart Girsang saat melakukan pertemuan dengan Gubernur dan jajaran Forkompinda Riau, Senin (13/9/2021) di Gedung Serindit, Pekanbaru.

Politisi PDI Perjuangan tersebut mengingatkan agar Kementerian ATR/ BPN tidak menjadikan alasan biaya untuk tidak melakukan pengukuran ulang luasan HGU.

“Soal anggaran biaya, itu tugas DPR yang mengetuk. Sedangkan anggaran PTSL saja kita kasih besar. Jadi, jangan jadikan biaya sebagai alasan,” kata Junimart.

Junimart merespon penjelasan Kepala Kanwil Kementerian ATR/ BPN Riau, Syahril yang di awal pertemuan mengungkapkan hambatan biaya jika pengukuran HGU dilakukan.

“Itu membutuhkan biaya yang besar, Pak Ketua. Jadi pengukuran ulang HGU belum bisa dilakukan saat ini,” kata Syahrir saat memberikan kata pengantar diskusi.

Junimart menyatakan, tabiat perusahaan mengambil lahan di luar HGU harus dihentikan. Selain itu menimbulkan kerugian negara, juga menyebabkan akses rakyat terhadap tanah menjadi tertutup.

“Perusahaan yang mengambil lahan di luar izin HGU itu merugikan negara, karena tidak ada penerimaan pajak dan lain-lain. Di sisi lain, rakyat membutuhkan tanah tapi tidak mendapatkannya,” tegas politisi PDI perjuangan tersebut. (AMRI)

Check Also

Keluhkan Pungutan Liar di Puskesmas Jejawi, Warga: Padahal Gratis

OKI-Warga puluhan Desa di Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), mengeluhkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *