Sabtu, 24 Juli 2021
Home / RAGAM / Debit Air Sungai Komering Menyusut

Debit Air Sungai Komering Menyusut

OKI-Debit air Sungai Komering di Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), mulai menyusut. Bahkan dibagian tengah sungai sudah terlihat dasar tanahnya akibat sungai yang mengalir sawah itu sudah mengering dampak kemaru.

“Debit air sungai ini sudah terjadi penyusutan sejak satu bulan terakhir,” kata salah seorang warga setempat, Sandi (48), Rabu 16 Juni 2021.

Ia menjelaskan, sungai Komering berada tidak jauh dari Kota Kayuagung itu seringkali airnya menyusut setiap tahun pada musim kemarau.

Bahkan sungai Komering yang menjadi sumber utama air untuk mengaliri sawah itu, sebut dia saat ini sudah mulai mengering dari hulu sungai.

“Air sungai Komering menjadi sumber air bagi petani sudah mulai tidak bisa mengaliri sawah,” ujarnya.

Ia mengatakan, sungai Komering itu tidak hanya dijadikan sebagai objek wisata, tetapi menjadi andalan petani untuk mengaliri areal pertanian.

Namun kondisi sungai Komering yang sudah mengering itu, kata dia tentunya lahan pertanian yang mengandalkan air sungai itu terancam kekeringan sehingga perlu upaya pemerasan mengantisipasinya.

“Air sungai Komering berfungsi untuk mengaliri lahan pertanian di Kabupaten OKI, untuk itu perlu upaya untuk menjaga debit air agar stabil,” lanjutnya.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Pusat Forum Keadilan Rakyat Indonesia Ansori AK, Untuk menjaga air sungai Komering tetap terjaga dengan baik, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir bisa berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan,” katanya.

Ia menambahkan, upaya untuk mengelola sungai Komering agar debit airnya tetap terjaga dengan baik itu sepenuhnya kewenangan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan,” jelasnya.

SANGKUT SUMSEL

About admin

Check Also

Pengusaha di balik Calon

OKI-Pengakuan salah satu tim sukses dari nomor urut tiga (3) calon kepala desa muara batun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *