Monday, 18 October 2021
Home / INVESTIGASI / Cerita Warga Penerima BLT Bayar Dulu Dapat ATM

Cerita Warga Penerima BLT Bayar Dulu Dapat ATM

OKI-Seorang warga Muara Batun, Kecamatan Jejawi, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), mengadukan pemotongan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diterimanya baru-baru ini.

Perempuan yang enggan disebutkan namanya itu mengadukan dugaan pungutan liar (Pungli) tersebut dalam diskusi daring yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Pusat Forum Keadilan Rakyat Indonesia atau DPPFKRI dengan tajuk “Cegah Modus Pungli BLT” pada Minggu, 5 September 2021 malam.

Perempuan itu mengatakan dana bantuan langsung tunai atau BLT yang diterimanya dipotong sebesar Rp 100 ribu per kepala keluarga. “Ternyata ada biaya administrasi Rp 100 ribu. “Disuruh kepala desa dan kepala dusun serta sekdes,” ujar dia dalam diskusi tersebut.

Kasus pemotongan bansos dana desa desa tunai juga ditemukan Tipikor Investigasi.com dan DPPFKRI saat melakukan investigasi di desa muara batun. Dalam investigasi itu Tipikor Investigasi.com dan DPPFKRI melakukan observasi lapangan dan wawancara terhadap warga penerima bansos dana desa.

Ketua DPPFKRI Ansori AK mengatakan mereka menemukan praktik pemotongan bansos dana desa Covid-19 di desa muara batun. Namun sebagian besar korban pungli takut untuk melapor karena masih memiliki hubungan kerabat dengan pejabat pemerintah desa.

Modus yang digunakan oleh oknum yang memotong bansos dana desa Covid-19 itu pun beragam. “misalnya untuk dibagikan kepada warga yang tidak dapat bantuan,” ujar dia dalam diskusi tersebut.

Dalam program bansos dana desa, masyarakat penerima manfaat akan menerima dana senilai Rp 300 ribu per bulan terhitung sejak Januari 2021. Dana tersebut akan disalurkan ke masing-masing rekening para penerima manfaat.

Warga yang terdaftar sebagai peserta penerima akan mendapatkan undangan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Mereka dimintai KTP dan KK oleh pemerintah desa. Oleh oknum pemerintah desa setempat mereka diharuskan mengisi formulir dan membayar dengan dalih untuk membuat buku tabungan dan ATM.

(TIM)

Check Also

Keluhkan Pungutan Liar di Puskesmas Jejawi, Warga: Padahal Gratis

OKI-Warga puluhan Desa di Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), mengeluhkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *