Saturday, 25 September 2021
Home / JUSTISIA / Calon Kepala Desa Jadi Korban Pungli Ketua Panitia

Calon Kepala Desa Jadi Korban Pungli Ketua Panitia

Saliman ketua panitia Pilkades Muara Batun

OKI-Panitia Pemimpin Kepala Desa (Pilkades) Muara Batun, Kecamatan Jejawi, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), ditengarai telah menjadi korban pungutan liar (Pungli) dan penggelapan oleh, Saliman, Kartu Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Muara Batun.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Pusat Forum Keadilan Rakyat Indonesia Ansori AK, hal itu didapat DPPFKRI pada saat proses investigasi dilakukan. “Awalnya pelaku melakukan peminjaman uang kepada empat orang calon kepala desa muara batun, masing-masing Rp 1 juta rupiah, dengan dalih untuk DP pendaftaran dari empat orang calon kepala desa di desa muara batun.

Belakangan, kata Ansori AK, pihaknya memperoleh sebuah dokumen berisi data pengunaan uang yang diminta dari empat orang calon kepala desa di desa muara batun. Antara lain, intensif keamanan untuk petinggi serta anggota Kodim dan Polres OKI. Selain itu, ada rincian biaya akomodasi dan transportasi serta intensif untuk PNS kades muara batun, Rp 2 juta rupiah.

Ansori AK menilai pengunaan dana yang tercantum dalam dokumen itu aneh. Merujuk pada Undang-undang desa, pelaksanaan kegiatan pilkades didanai oleh pemerintah daerah. Biaya pemilihan kepala desa serentak di Ogan Komering Ilir menghabiskan miliar rupiah,” kata Ansori AK, Jumat 16 Juli 2021.

Salah seorang anggota polisi, kata dia, tercantum namanya menerima dana, yang disebut didalam dokumen itu merupakan dana pengamanan,” ungkapnya.

Ansori AK berharap uang Rp 4 juta rupiah itu dikembalikan oleh Saliman selaku ketua panitia pelaksana pemilihan kepala desa muara batun karena diperolehnya dengan cara meminjam kepada 4 orang calon kepala desa muara batun. “Saya harap uang itu segera dikembalikan. Dan kalaupun tidak dikembalikan, saya sarankan kepada para calon kepala desa muara batun masing-masing untuk membuat laporan polisi ke Polsek Jejawi,” tuturnya.

Hingga laporan ini selesai disusun, ketua panitia pelaksana pemilihan kepala desa di desa muara batun, Saliman, sulit untuk ditemui oleh wartawan. Bahkan hingga laporan ini akan diekspose Tipikor Investigasi.com masih berupaya untuk melakukan konfirmasi kepada ketua panitia Pilkades di desa muara batun itu.

SANGKUT SUMSEL

Check Also

Diduga Korupsi ADD, Datuk Penghulu di Rohil Ditahan Kejari

ROKAN HILIR – SB alias C selaku Datuk Penghulu Sungai Majo Pusako, Kecamatan Kubu Babussalam, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *