Kamis, 24 Juni 2021
Home / JUSTISIA / Ansori AK: Salah Kelola Bisa Jadi Tersangka

Ansori AK: Salah Kelola Bisa Jadi Tersangka

OKI-Ketua Dewan Pimpinan Pusat Forum Keadilan Rakyat Indonesia, Ansori AK, mengginggatkan Kepala Bidang (Kabid) Bangunan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Romli S.Pd, agar menggunakan anggaran bangunan tahun 2021 dengan baik. Anggaran tersebut harus digunakan untuk fasum dan fasus di sekolah.

“50 miliar itu bukan uang sedikit, bisa menjadikan semua sekolah di Kabupaten OKI lebih baik, tapi bisa menjadikan beliau menjadi tersangka kalau tata cara-cara pengelolaanya tidak baik,” kata Ansori AK, Sabtu 5 Juni 2021.

Ansori AK menyarankan inspektorat Kabupaten OKI untuk memanggil Kabid Bangunan Disdik OKI, Romli S.Pd, karena menurut dia ada indikasi pelanggaran mal administrasi dalam pengelolaan anggaran bangunan tahun 2021.

Menurut Ansori AK, anggaran bangunan Disdik OKI mengalami peningkatan tahun ini. Hati-hati karena mengelola anggaran besar itu tidak mudah,” kata dia.

Ia meminta pihak inspektorat Kabupaten OKI untuk benar-benar melakukan pengawasan terhadap anggaran bangunan di Disdik OKI secara baik. Tujuannya adalah agar pengunaan anggaran bangunan di Disdik OKI bisa menghasilkan fasilitas pendidikan lebih baik.

Ansori AK membandingkan laporan keuangan Disdik OKI pada tahun 2020 lalu. Menurut dia, anggaran bangunan Disdik OKI 2020 dikelola dengan sangat ruwet. Ini terjadi karena anggaran bangunan di Disdik OKI dikelola tidak sesuai prosedur.

“Buatlah pekerjaan dengan tatakelola keuangan yang sederhana, cepat dan gampang. Jangan berlembar-lembar, berlapis-lapis, yang terpenting sederhana dan mudah dicek, mudah dikontrol, dan gampang diawasi.

Prinsipnya, tidak perlu laporan berlapis-lapis, tapi justru duitnya hilang tidak tahu kemana,” tuturnya.

Dia mengatakan, efektivitas pengawasan melalui inspektorat sangat bagus untuk dilakukan. Sebab, inspektorat bisa mengkompilasi semua laporan dari laporan keuangan. “Dari kompilasi tersebut, inspektorat bisa melaporkan kepada menteri dalam negeri soal potret pengunaan anggaran bangunan di Disdik OKI,” jelasnya.

SANGKUT OKI

About admin

Check Also

Kabel APILL Exit Tol Celikah Dicuri

OKI-Aksi pencurian kabel lampu penerangan jalan kembali terjadi di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *