Monday, 17 January 2022
Home / JUSTISIA / AADU, Dituntut 5 Tahun Didenda Rp 100 Juta

AADU, Dituntut 5 Tahun Didenda Rp 100 Juta

Tulang Bawang-RA (20), seorang petani di Kelurahan Menggala Selatan, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung akan dituntut lima tahun dan denda Rp 100 juta oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di dalam persidangan di Pengadilan Negeri Kabupaten Tulang Bawang dalam waktu dekat. RA (20) akan didakwa karena diduga melakukan penganiayaan terhadap E (11) murid sekolah dasar (SD) pada, Kamis (2/12/2021) siang.

Penyidik Kepolisian Sektor (Polsek) Menggala menduga RA (20) telah melanggar Undang-Undang Republik Indonesia Pasal 80 ayat 1 dan 2 Jo Pasal 76C tentang Undang-Undang Perlindungan Anak. RA akan menginap di hotel prodeo paling lama lima tahun serta dipastikan akan membayar denda hingga Rp 100 juta.

JPU akan menuntut terdakwa di muka sidang karena dinilai telah melakukan penganiayaan terhadap anak dibawah umur.

“Pelaku diringkus di rumahnya tanpa perlawanan pada Jumat (3/12/2021) sore.

Korban adalah warga kampung Kagungan Rahayu Kecamatan Menggala. Peristiwa penganiayaan terhadap korban terjadi pada Kamis (2/12/2021) siang di Tegalrejo 1, Ujung Batu, Kampung Kagungan Rahayu. Saat itu korban bertemu dengan pelaku dibelakang rumah warga,” kata Kapolsek Menggala, AKBP Sunaryo, Minggu (5/12/2021).

Saat itu, kata Sunaryo, korban sedang bermain di belakang rumah warga saat bertemu dengan pelaku. Saat itu, kata dia, pelaku bertanya kepada korban kemana bapaknya dan dijawab oleh korban bahwa bapaknya sedang bekerja.

“Saat itu korban bertanya kepada pelaku, kenapa mempertanyakan bapaknya, lalu tiba-tiba pelaku langsung mengejar korban.

“Saat berlari korban sempat terjatuh dan langsung dipukuli oleh pelaku dibagian pundak sebanyak satu kali, serta dibagian punggung sebanyak dua kali.

Saat korban menangis dan memohon ampun sambil berteriak-teriak, pelaku justru malah mengambil ranting pohon karet dan memukulkannya ke kaki korban,” ujar Sunaryo.

Korban mengalami sakit pada bagian punggung dan kaki, ibu korban yang melaporkan kejadian yang menimpa anaknya di Polsek Menggala.

“Pelaku sudah ditahan di Polsek Menggala dan akan dituntut karena melanggar Pasal 80 ayat 1 dan 2 Jo Pasal 76C tentang undang-undang perlindungan anak. Ancaman kurungan penjaranya paling lama lima tahun dan/atau denda Rp 100 juta,” tegasnya.

TIM

Check Also

KEPSEK SMA 1 LEMONG DIDUGA PERINTAHKAN SATPAM TOLAK WARTAWAN

Peaisir Barat-Kepala sekolah menengah atas(SMA)1Lemong Nur Soraya diduga memberikan perintah kepada penjaga sekolah agar menolak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *